Hari Telur Sedunia, Intip 4 Fakta tentang Makanan Kaya Protein Ini

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFood Jumat, 09 Okt 2020 08:05 WIB
Telur Foto: Shutterstock
Jakarta -

Peringatan Hari Telur Sedunia jatuh setiap hari Jumat kedua pada bulan Oktober sejak tahun 1996. Perayaan ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya telur di kehidupan manusia.

Dikutip dari laman Internationalegg, telur sedari dulu sudah memberikan manfaat dalam hal pemenuhan kebutuhan makanan. Telur menyediakan asupan protein berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau oleh banyak orang.

Protein yang terkandung di dalam telur mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan otak dan otot. Beberapa penelitian pun mengatakan protein telur punya kaitan dengan pencegahan terhadap beberapa penyakit dan berkontribusi untuk kesehatan secara universal.

Tentunya dengan manfaat telur tersebut ada beberapa hal unik yang mesti diketahui seputar makanan ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta tentang telur.

Warna Cangkang Telur Tidak Menentukan Nutrisi

Telur yang memiliki cangkang berwarna coklat, kehijauan, atau kebiruan mungkin terlihat lebih unik dari pada cangkang telur berwarna putih. Namun ternyata hal ini tidak berhubungan dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Faktanya warna pada cangkang telur berasal dari genetik, sehingga tidak ada hubungan dengan nutrisi pada telur tersebut.

Ketebalan Cangkang Ditentukan Umur Ayam

Banyak yang salah kaprah kalau telur berwarna coklat memiliki cangkang yang lebih tebal dari warna putih. Realitanya, ketebalan cangkang telur dipengaruhi oleh umur ayam tersebut. Semakin muda ayam makan cangkang akan semakin kuat.

Warna Kuning Telur Menandakan Kualitas Nutrisi

Kuning telur cukup berbeda dalam hal warna, dari warna kuning muda hingga oranye gelap bahkan merah terang tergantung apa yang dimakan oleh induk ayam. Ayam free range akan mendapatkan nutrisi dari banyak sumber makanan sehingga warna kuning telurnya lebih kaya. Sedangkan ayam yang dikandangkan, akan memiliki warna telur yang cenderung lebih terang.

Dapat Dikreasikan ke Berbagai Menu Olahan

Telur merupakan sumber nutrisi, protein, dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, telur sering dijadikan sebagai salah satu bahan dalam berbagai menu makanan.

AICE baru-baru ini menghadirkan produk es krim AICE Susu Telur. Es krim ini dapat diolah menjadi resep-resep kreasi yang nikmat. Salah satu resep sederhana yang dapat dicoba dengan es krim AICE Susu Telur adalah banana split. Biasanya banana split terdiri dari tiga rasa es krim, namun bisa dicoba dengan es krim AICE Susu Telur.

Caranya buatlah irisan pisang favorit di tepian wadah, kemudian taruh es krim AICE Susu Telur di atasnya. Tuangkan dua sendok makan sirup cokelat ke atas es krim tersebut. Agar lebih menggoda selera, bisa juga ditambahkan whipped cream, potongan stroberi, dan kacang atau kismis.

AICEAICE Foto: dok. AICE


Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang telur dan kreasi sederhana dengan telur. Bersamaan dengan momentum peringatan Hari Telur Sedunia, es krim AICE mendukung upaya peningkatan konsumsi telur di Indonesia. Hal itu diwujudkan dengan menghadirkan produk-produk berbahan dasar telur seperti es krim AICE Susu Telur yang enak dan baik untuk harimu.

Yuk, temukan AICE Susu Telur di warung terdekat, minimarket, supermarket, hingga layanan e-commerce. Sudahkah kamu mencoba es krim AICE Susu Telur?

(ads/ads)