Bikin Gagal Fokus, Soto Kudus Dibahasakan Inggris Jadi Holy Soto

Dian Utoro Aji - detikFood Selasa, 29 Sep 2020 13:00 WIB
Bikin Gagal Fokus, Soto Kudus Dibahasakan Inggris Jadi Holy Soto Foto: Instagram
Kudus -

Unggahan makanan khas Kudus, Soto Kudus mendadak ramai diperbincangkan di media sosial. Hal tersebut terjadi setelah ada unggahan Soto Kudus diterjemahkan dalam bahasa inggris "Holy Soto".

Unggahan tersebut pun ramai di media sosial. Akun instagram @kwwkinajalah_ mengunggah soal foto tulisan makanan soto Kudus. Namun pada nama menu itu bertuliskan holy soto.

"Wis tau ngerti translate basa inggris sing kacau lur? Iki salah satune,"

"Lost in translation, Wah ini orang pakai google translate pasti deh. Wkwkwkwkwkwk,"

Bikin Gagal Fokus, Soto Kudus Dibahasakan Inggris Jadi Holy SotoBikin Gagal Fokus, Soto Kudus Dibahasakan Inggris Jadi Holy Soto Foto: Instagram

Baca Juga : 5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga Lamongan

Seharusnya : traditional Indonesian soup from central district of Kudus, mainly compsed of broth, vegetable, and water buffalo meat (bu in outer Kudus, uses beef too). ( Makanan tradisional Indonesia dari Jawa Tengah Kabupaten Kudus, utamanya memiliki bahan kaldu, sayuran, dan kuah daging kerbau. Biasanya di luar Kudus menggunakan daging sapi)," tulis akun tersebut seperti dilihat detikcom Selasa (29/9/2020).

Unggahan soto Kudus itu juga diunggah oleh akun @khoirulmujib. Dia menyebut unggahan tersebut membuat gagal fokus. Karena soto Kudus disebut juga dengan soto suci.

"Suwe -suwe dadi soto suci, soto yang terberkati, Kalimantan dadi sungai yang tersakiti, Boyolali dadi buaya yang terlupakan (lama kelamaan jadi soto suci, soto yang terberkati, Kalimantan menjadi sungai yang tersakiti, Boyolali menjadi buaya yang terlupakan," tulis dia seperti dilihat siang ini.

Sementara itu, di medsos kabarsolo juga mengunggah Soto Kudus. Unggahan tersebut sudah mendapatkan 1. 636 suka dan puluhan komentar. Unggahan itu bertulisan holy soto. Banyak warganet yang gagal fokus dengan unggahan tersebut.

soto kudus jayasoto kudus Foto: Devi S. Lestari/detikFood

"Ya sesuk kalo ada makanan dari karanganyar, ditulis "new rock" gakpp ya min," tulis @gigigfransisco.

"Kalau ada soto solo berarti single soto," tulis @moazawww.

"Tak perlu merubah sebuah jati diri. Kota kok diterjemahkan ke bahasa liyo. Jelas akan berbeda makna, karena sejarah tidak bisa diungkap dengan 1 kata. Hemmmmms," tulis @nulis46.

Terpisah, Kabid Kebudayaan Disbudpar Kudus, Lilik Ngesti Widiasuryani mengatakan, zaman sekarang bahasa pun turut berkembang. Namun jika nama soto Kudus, hanya satu kata yang diubah dalam bahasa inggris akan berubah makna pula.

"Terkadang kata dalam bahasa Indonesia beragam makna, tetap jika diubah dalam bahasa inggris hanya satu kata dan satu makna. Itu terjadi juga pada kata Kudus yang disandingkan dengan kata soto yang dapat mengartikan soto khas kudus, soto produk asli orang kudus, soto yang berada di Kudus," kata Lilik saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (29/9).

soto kudus jayasoto kudus Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Lilik mengatakan, meskipun demikian, makna soto Kudus tidak hilang. Apalagi kata dia soto Kudus berbeda dengan soto di daerah lain. Soto Kudus menggunakan daging kerbau. Kerbau sendiri merupakan bentuk toleransi Sunan Kudus agar tidak menyembelih sapi.

"Karena soto Kudus ada racikannya, ada ajaran budayannya dan filosofi tentang soto Kudus, itu yang membedakan dengan soto yang lainnya," tandas Lilik.

Soto kudus sendiri adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto Kudus menggunakan daging kerbau. Kuahnya bening. Soto Kudus biasanya disajikan dalam mangkuk yang berukuran kecil.

Baca Juga : Soto Kudus Jaya : Jajan Soto Kudus di Warung Berusia 29 Tahun



Simak Video "Gurih Kental Kuah Soto Kudus Ayam Kampung Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)