Chef Chandra Bocorkan Rahasia Resep Semur Daging Andalannya

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Sep 2020 20:00 WIB
Event dXpertise Chef Chandra Bocorkan Rahasia Resep Semur Daging Andalannya Foto: detikFood
Jakarta -

Semur dengan daging enak dimakan kapan saja. Apalagi kalau dibuat dari daging sapi Australia. Teksturnya empuk juicy dengan bumbu meresap sempurna.

Celebrity Chef Chandra Yudasswara hadir menutup acara d'Xpertise hari ini. Chef yang juga punya banyak restoran ini membocorkan salah satu menu andalannya yakni semur daging. 'Saya paling suka masakan yang satu ini enak dimakan kapan saja,' komentarnya membuka acara cooking class online ini.

Istimewanya, semur daging ini dibuat dengan bahan baku daging impor asal Australia. Khusus dipilih bagian secondary cut yang cocok dimasak 'slow cooking' seperti semur.

Event d'Xpertise Chef Chandra Bocorkan Rahasia Resep Semur Daging AndalannyaEvent d'Xpertise Chef Chandra Bocorkan Rahasia Resep Semur Daging Andalannya Foto: detikFood

Chef Chandra mengatakan dengan menggunakan daging sapi Australia ini, semur bisa dimasak dalam waktu sebentar saja. "Daging sapi Australia ini tidak perlu dimasak lama, prediksi saya sekitar 15 menit," ujar Chef Chandra.

Bumbu rempah yang dipakai membumbui semur dagingnya, ada jahe, biji pala, pekak, cengkih, kayumanis, daun salam, sereh dan lengkuas. Bumbu lainnya berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, pala dan jintan. Tambahan kecap manis dan gula palem menghadirkan manis khas semur daging.

'Kalau bikin semur saya suka menambahkan irisan cabe merah sedikit supaya ada 'kick' atau sengatan rasa sedikit pedas dari rasa manis semur yang pekat,' ujar chef Chandra membocorkan bumbu rahasia semurnya.

Sedangkan untuk kuah semur yang kental, bisa menambahkan santan. "Kali ini saya bikinnya yang versi encer, kalau mau kental boleh tambahkan santan," jelas Chef Chandra.

Sedangkan untuk mendapatkan daging dengan tekstur daging empuk saat memotong daging harus berlawanan arah serat daging. Dengan ini tekstur daging akan lebih empuk dan juicy.

Semur daging Australia andalan chef Chandra ini dilengkapi dengan kentang. Tetapi kentangnya tidak dikupas kulitnya, dipotong dadu dan direbus sebentar baru digoreng. ' Nanti akan ada rasa renyah yang enak kalo digigit,' ujar chef Chandra.

Event d'Xpertise Chef Chandra Bocorkan Rahasia Resep Semur Daging AndalannyaEvent d'Xpertise Chef Chandra Bocorkan Rahasia Resep Semur Daging Andalannya Foto: detikFood

Daging sapi secara alami mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalam daging sapi terdapat kandungan zat besi, zinc, vitamin B12, selenium dan berbagai sumber nutrisi lainnya. Jika dikonsumsi dalam porsi pas maka daging sapi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

d'Xpertise bersama Meat and Livestock Australia kali diramaikan dengan hadirnya Chef Sean MacDougall, Chef Stefu, Chef Vindex Tengker, Chef Vania Wibisono dan Chef Chandra Yudasswara. Acara ini diikuti lebih dari 500 orang dari seluruh Indonesia. Resep-resep dari para chef yang tampil hari ini bisa dilihat di detikfood!



Simak Video "Resep Semur Daging Andalan Chef Chandra Yudasswara"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)