Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging Australia

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Sep 2020 16:00 WIB
Event dXpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging Australia Foto: detikFood
Jakarta -

Seporsi pindang daging hangat pasti enak disantap dengan nasi putih. Chef Stefu menunjukkan teknik memasak pindang daging Australia yang empuk dengan rasa asam segar.

Dalam event d'Xpertise yang digelar Detikcom bersama Meat and Livestock Australia (MLA), Chef Stefu Santoso menunjukkan cara membuat pindang daging sapi. Pindang daging khas Jawa ini dimasak dengan menggunakan daging bagian brisket atau sandung lamur.

Chef Stefu mengatakan rasa gurih dari pindang daging ini diperoleh dari lemak daging yang bercampur kuah. Sementara sensasi asam segar pindang daging ini berasal dari tomat hijau yang dipadukan dengan asam Jawa. Boleh juga menggunakan belimbing wuluh.

Event d'Xpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging AustraliaEvent d'Xpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging Australia Foto: detikFood

"Rasa asam di sini saya menggunakan tomat muda dan asam Jawa. Kalau mau pakai belimbing wuluh bisa, tidak perlu menambahkan asam Jawa. Tapi tingkat keasamaan belimbing wuluh biasanya menghasilkan rasa yang berbeda," beber Chef Stefu.

Untuk membuat pindang daging ini, bumbu yang digunakan juga harus dipotong-potong dan tidak dihaluskan. Alasannya karena pindang daging identik dengan kuahnya yang bening jadi kalau menggunakan bumbu halus maka kuah akan menjadi keruh.

Di dalam daging sapi mengandung berbagai nutrisi, salah satunya vitamin B12 yang hanya ada pada daging sapi. Konsumsi daging sapi 3-4 kali seminggu masing-masing 100 gram untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh. Daging sapi Australia sangat kaya zat besi yang fungsinya menghasilkan energi sehingga lebih fokus dan terhindar dari 3L yakni lelah, letih, lesu.

Chef Stefu juga memberikan tips menyimpan daging, ketika daging dalam keadaan beku maka harus dilelehkan dengan perlahan, proses ini dikenal dengan sebutan defrost. Proses defrost ini memakan waktu kira-kira 12 jam, caranya dengan memindahkan daging beku dari freezer ke dalam kulkas biasa.

"Defrost ini gunanya untuk membuat proses masak jadi lebih cepat dan bumbu lebih meresap," ujar Chef Stefu.

Sedangkan untuk mendapatkan aksen manis agar ada rasa asam, manis dan asam yang seimbang dipakai kecap manis. Kecap manis merupakan bumbu khas Jawa yang bikin pindang daging rasanya enak. Untuk penyajian bisa ditambahkan irisan cabe merah, cabe hijau atau cabe rawit merah utuh.

Event d'Xpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging AustraliaEvent d'Xpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging Australia Foto: detikFood

Selain Chef Stefu Santoso, masih ada aksi dari Chef Vania Wibisono dan Chef Chandra Yudasswara. Mereka akan membawakan olahan daging sapi Australia yang tak kalah lezat. Sebelumnya sudah ada Chef Sean MacDougall dan Chef Vindex Tengker yang menampilkan menu andalannya berbahan daging sapi Australia.

Acara ini masih berlangsung hingga saat ini, Sabtu, 26 September 2020 mulai pukul 10.00-17.00 WIB. Mumpung belum ketinggalan, kamu masih bisa ikut daftar acara ini tanpa dipungut biaya alias gratis. Yuk daftar sekarang! Kamu bisa mendaftarkan diri di sini.



Simak Video "Pindang Daging Menggunakan Daging Australia ala Chef Stefu Santoso"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)