Brongkos Sedap dengan Daging Australia Ala Chef Vindex Tengker

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Sep 2020 14:00 WIB
Event dXpertise Brongkos Sedap dengan Daging Australia Ala Chef Vindex Tengker Foto: detikFood
Jakarta -

Chef Vindex Tengker memperagakan pembuatan makanan khas Jawa Tengah, brongkos daging. Kali ini diolah lebih spesial dengan daging sapi Australia. Empuk, gurih dan juicy!

Setelah menyaksikan aksi seru Chef Sean MacDougall meracik Cola Teriyaki Sirloin and King Prawn, kali ini ada menu yang tak kalah menarik. Chef Vindex Tengker membawakan resep Brongkos Iga Sapi yang diolah dengan menggunakan daging sapi wagyu Australia.

Pria yang berkecimpung di dunia kuliner sejak 30 tahun lalu ini menunjukkan kalau masakan Indonesia akan semakin istimewa jika diracik dengan daging impor kualitas premium. Brongkos naik kelas ini punya tekstur lembut juicy dengan bumbu yang tetap gurih mlekoh.

Event d'Xpertise Brongkos Sedap dengan Daging Australia Ala Chef Vindex TengkerEvent d'Xpertise Brongkos Sedap dengan Daging Australia Ala Chef Vindex Tengker Foto: detikFood

Kamu bisa juga meracik brongkos ini karena bahannya mudah didapat dan prosesnya cukup mudah untuk diikuti. Yang menjadi ciri khas brongkos yakni tambahan kluwaj yang membuat kuahnya coklat gelap dan rasanya gurih sedikit asam yang khas.

Brongkos racikan Chef Vindex ini tak perlu waktu berjam-jam karena memakai daging sapi wagyu Australia. Chef Vindex menggunakan daging sapi wagyu bagian iga tanpa tulang. Selain bagian daging iga tanpa tulang, bisa juga menggunakan bagian iga dengan tulang, buntut atau bagian daging lainnya.

Daging sapi Australia yang digunakan Chef Vindex ini sudah mendapat sertifikasi halal dan sudah disetujui oleh pihak berwenang halal Indonesia yakni MUI. Sapi Australia ini juga disembelih oleh penyembelih muslim yang bersertifikat jadi tak perlu diragukan lagi kualitas dan kehalalannya.

Chef Vindex juga membagikan tips ketika membeli daging dalam jumlah banyak, saat tiba di rumah daging ini harus disimpan per porsi dalam wadah kaca dan tidak perlu dicuci. Tujuannya agar daging bisa dikeluarkan secukupnya saja sesuai porsi yang akan dimasak. Proses pencucian daging juga dikhawatirkan akan membuat kualitasnya berkurang serta daging rentan terkontaminasi bakteri.

Karena daging sapinya empuk maka sayuran isian brongkos seperti wortel, labu siam dan kacang merah direbus terpisah. Setelah daging dan bumbu sudah menyatu barulah ditambahkan sayuran ke dalam rebusan brongkos. Kali ini chef Vindex menambahkan potongan tempe.

Untuk penyajian chef Vindex sengaja memasak brongkos hingga kental kuahnya. Supaya lebih menarik ia menaburkan edible flower atau bunga warna-warni yang bisa dimakan. 'Sebenarnya karena warna brongkos yang cokelat buah. Bunga warna-warni akan membuat brongkos lebih cantik', tutup chef Vindex.

Event d'Xpertise Brongkos Sedap dengan Daging Australia Ala Chef Vindex TengkerEvent d'Xpertise Brongkos Sedap dengan Daging Australia Ala Chef Vindex Tengker Foto: detikFood

Sebelum Chef Vindex beraksi, ada Chef Sean McDougall, dan chef Stefu. Kamu masih bisa ikutan karena masih ada Chef Vania Wibisono dan chef Chandra Yudasswara yang akan berbagi resep secara langsung hari ini, Sabtu, 26 September 2020 mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Hingga saat ini ada 500 peserta yang sudah ikut kelas memasak, tapi tak perlu khawatir kalau belum mendaftar. Masih ada kesempatan, acara ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. Yuk daftar sekarang! Kamu bisa mendaftarkan diri di sini.



Simak Video "Pindang Daging Menggunakan Daging Australia ala Chef Stefu Santoso"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)