Begini Cara Pilih Produk Frozen Food Baik dan Aman

Inkana Putri - detikFood Senin, 07 Sep 2020 16:56 WIB
frozen food Foto: shutterstock
Jakarta -

Frozen food atau makanan beku siap saji sering sekali menjadi solusi saat malas masak. Nugget, bakso, seafood, serta sosis merupakan beberapa jenis frozen food yang menjadi favorit banyak orang. Penelitian menunjukkan makanan beku bisa sama sehatnya dengan makanan segar jika benar dalam memilihnya. Melansir My Food Diary berikut tips memilih makanan beku yang baik dan aman bagi keluarga.

Ikan dan Seafood
Ikan dan makanan laut (seafood) biasanya segera dibekukan setelah ditangkap agar nutrisinya tetap terjaga. Jenis frozen food berbahan dasar seafood pun saat ini bermacam-macam, bahkan beberapa telah diolah menjadi bakso, otak-otak, dan lainnya. Saat memilih ikan atau seafood dalam bentuk frozen, hindari yang frozen food yang telah digoreng atau dilapisi tepung roti.

Selain itu, pilih jenis ikan dan seafood dengan kadar merkuri yang lebih rendah yakni salmon, nila, lele, udang, dan tiram. Perhatikan juga label yang tertera pada kemasan mulai dari tanggal produksi, tanggal kedaluarsa, hingga informasi lainnya mengenai ikan. Biasanya akan ada label yang menunjukkan informasi asal daerah ikan, pastikan ikan yang Anda beli bukan berasal dari perairan yang telah tercemar.

Buah dan Sayur
Sama halnya dengan ikan dan seafood, buah dan sayur juga biasanya dibekukan setelah dipanen untuk menjaga kandungan vitamin dan nutrisi lainnya. Namun, beberapa buah beku tak jarang diberi perasa yang meningkatkan kadar lemak, natrium, dan gula. Oleh karena itu, pastikan buah-buahan beku yang Anda pilih tidak diberi tambahan gula atau sirup. Begitu pun dengan sayuran beku, pilih sayuran tanpa keju, bumbu, atau dilengkapi frozen food lainnya seperti pasta.

Saat membeli sayuran beku, memperhatikan jenis sayuran juga merupakan hal penting. Pasalnya, sayuran seperti selada, timun, kentang, kol, dan lobak merupakan jenis sayuran yang tidak cocok untuk dibekukan. Pasalnya, beberapa sayuran mempunyai kadar kelembapan yang tinggi sehingga saat dibekukan maka sayuran berubah menjadi layu dan mengeluarkan aroma yang berbeda.

Makanan Cepat Saji
Saat ini banyak minimarket atau supermarket yang menjual aneka junk food yang telah dibekukan. Frozen food jenis ini biasanya hanya perlu dihangatkan di dalam microwave saat ingin disantap. Saat membeli frozen food jenis ini, pastikan periksa label nutrisi secara detail mulai dari jumlah kalori, lemak, dan natrium. Pilih makanan memiliki 350-600 kalori serta mengandung lemak total tidak lebih dari 3,5 gram per 100 kalori.

Sementara untuk jumlah natrium, pastikan makanan tersebut mengandung kurang dari 600 mg natrium. Selain itu, ada baiknya juga untuk memilih makanan yang diimbangi dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah tanggal produksi makanan dibuat, sebaiknya pilih makanan yang dibuat pada tanggal yang sama saat Anda membeli makanan tersebut.

Daging
Saat membeli daging beku, biasanya kebanyakan orang hanya akan terpaku pada tanggal produksi dan kedaluarsa daging. Padahal, ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan seperti kemasan dan warna daging. Saat memilih daging beku, pastikan kemasan daging tertutup rapat dan tidak mengeluarkan cairan. Pasalnya, daging beku yang mengeluarkan cairan bisa menandakan daging tersebut telah disimpan dalam waktu lama.

Selain itu, pastikan daging berwarna merah cerah dan tidak pucat. Daging beku yang berkualitas biasanya akan langsung dibekukan dan tidak mengalami perubahan warna yang signifikan. Sementara itu daging yang sudah pucat dan berwarna sangat gelap biasanya sudah dibekukan sejak lama dan mengalami pembusukan.

Itu dia keempat cara memilih makanan beku yang baik dan aman. Saat membeli produk frozen food, pastikan juga minimarket dan supermarket tempat Anda membeli menawarkan aneka produk frozen food yang berkualitas. Saat ini, Grab menghadirkan aneka frozen food segar dan sehat yang bisa didapat melalui GrabMart.

GrabMart bekerja sama dengan toko-toko terpercaya seperti Hypermart, Lawson, Sayurbox, Prima Freshmart, dan toko lainnya yang menghadirkan produk berkualitas mulai dari frozen food hingga sayuran dan buah segar.

Di bulan September ini, GrabMart juga menawarkan banyak promo menarik lewat program FestivaMart 9.9. Ada diskon hingga Rp 99.000 dengan kode promo SEGAR99RIBU dan diskon hingga 50% untuk aneka produk pilihan. Periode promo berlaku mulai 7 September - 20 September 2020. Promo hanya berlaku di Jakarta, Bandung, Makassar, Medan, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Yuk segera belanja lewat layanan GrabMart.



Simak Video "Semangat Bawa Perubahan Local Heroes Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)