Viral Netizen Masak Belut Hidup-hidup, Ini Cara Tepat Mengolah Belut

Riska Fitria - detikFood Senin, 07 Sep 2020 11:30 WIB
Tips mengolah belut Foto: TikTok @nenty_garut_karawang
Jakarta -

Pengguna TikTok ini memperlihatkan caranya saat mengolah belut hidup-hidup dan berakhir gagal. Ini cara yang benar saat mengolah belut.

Belut merupakan salah satu jenis ikan tawar. Bentuknya unik karena menyerupai ular dan memiliki kulit yang licin, karena terdapat zat kimia atau lendir yang keluar dari sel kulitnya. Belut juga enak dikonsumsi, bergizi, dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan.

Seperti pengguna TikTok dengan akun @nenty_garut_karawang yang memperlihatkan dirinya saat mengolah belut. Namun, ada hal aneh, karena ia tidak membunuh belut-belut tersebut. Belut itu langsung diolah hidup-hidup sehingga berakhir gagal.

Tips mengolah belutTips mengolah belut Foto: iStock

Baca Juga : Fakta Menarik Jelly Belut, Makanan Tradisional Inggris Berusia 150 Tahun

Dalam videonya tampak seember belut yang akan diolah. Kemudian ia menyiapkan bumbu seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, sereh, garam dan lainnya untuk dihaluskan. Saat ingin memasukkan belut ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan, belut-belut itu bergejolak dan keluar dari baskom.

Alhasil, belut yang masih hidup itu berantakan di lantai. Karena masih hidup, tubuhnya terus bergerak-gerak dan membuat netizen lain menjadi geli. Seharusnya, saat hendak diolah belut harus dimatikan terlebih dahulu. Mengolah belut juga ada tips-tipsnya.

Berikut cara yang benar saat mengolah belut.

1. Pukul Kepala Belut

Tips mengolah belutTips mengolah belut Foto: iStock

Belut harus dalam keadaan mati sebelum diolah. Untuk membunuhnya, bisa dengan cara memukul di bagian kepalanya. Kamu bisa menggunakan tongkat kayu atau ulekan batu hingga belut mati, sehingga saat diolah belut tidak berontak seperti yang dialami pengguna TikTok tersebut.

2. Bersihkan Lendir Belut

Tips mengolah belutTips mengolah belut Foto: iStock

Meski sudah mati, belut tetap sulit diolah jika kulitnya masih berlendir. Belut akan sulit dipegang karena licin. Nah, untuk membersihkan lendirnya, kamu bisa menggunakan garam dan jeruk nipis. Pertama, masukkan belut-belut ke dalam wadah.

Kemudian taburkan garam secukupnya dan masukkan air jeruk nipis. Lalu, tambahkan air bersih secukupnya. Aduk hingga bumbu tersebar merata dan tunggu selama lima menit. Setelah itu bilas dengan air yang mengalir sambil digosok-gosok.

3. Buang Isi Perutnya

Tips mengolah belutTips mengolah belut Foto: iStock

Jeroan belut harus dibuang karena rasanya pahit. Untuk membersihkannya, cukup belah bagian bawah tubuh belut secara memanjang dari bagian kepala hingga ekor belut. Nah, saat membelah harus hati-hati agar isi jeroan tidak bocor.

Sebab kalau bocor dapat terserap oleh daging belut, sehingga menghasilkan daging belut yang pahit saat dimasak. Lalu, keluarkan isi perut belut secara perlahan, dan bilas kembali dengan air bersih.

4. Bumbui

Tips mengolah belutTips mengolah belut Foto: iStock

Sebelum diolah menjadi berbagai hidangan, sebaiknya belut dibumbui terlebih dahulu. Cara ini untuk menghilangkan aroma amis pada belut. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri, garam, penyedap rasa dan jeruk nipis. Haluskan semua bumbu tersebut.

Kemudian masukkan bumbu ke dalam wadah. Sebelum memasukkan belut ke dalam bumbu sebaiknya belut dipotong-potong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Setelah itu masukkan ke dalam bumbu dan tunggu selama 15 menit.

5. Goreng

-Tips mengolah belut - Foto: iStock/Ist

Setelah dibumbui, cara selanjutnya mengolah belut adalah dengan menggorengnya setengah matang, Cara ini dilakukan agar membuat bumbunya meresap pada belut dengan sempurna. Selain itu cara ini juga bisa membuat rasa belut menjadi lebih gurih dan bisa lebih praktis saat proses masak selanjutnya.

Cara ini biasanya digunakan saat mengolah belut menjadi masakan tumisan atau yang berkuah. Jadi setelah digoreng, belut bisa langsung dimasukkan ke dalam tumisan bumbu dan kuah santan. Tak perlu menunggu lama untuk menunggu belut matang.

Baca Juga : Krenyes Pedas si Belut Goreng Hong Lung



Simak Video "Mencicipi Belut Goreng Surabaya yang Nagih Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com