Roti Manis Kekinian

Dua Baker Muda Ini Sukses Bikin Kursus Baking Online Bertarif Rp 1 Juta

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 15:00 WIB
dua baker punya kursus baking online Foto: iStock
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

2. RAGI - Chef Yohanes Adhijaya

dua baker punya kursus baking onlinedua baker punya kursus baking online Foto: instagram @ragi.co.id

Chef Yohaness Adhijaya juga seorang baker muda yang masih berusia 27 tahun. Tapi, kiprahnya di dunia pastry tak bisa diremehkan. Ia juga telah punya bisnis kursus baking sendiri yaitu RAGI.

Chef Yohanes menjelaskan perubahan konsep kursus baking yang didirikannya. Dari bertemu langsung menjadi online sejak adanya pandemi COVID-19. RAGI mulai berjalan online sejak Maret 2020.

"Sejak pandemi ya, jadi kita Februari sudah persiapan offline. Maret langsung jalan sampai sekarang," ujar Chef Yohaness Adhijaya pada detikFood (27/8).

Chef Yohaness juga menjelaskan kalau semuanya dilakukan via Zoom Meeting, ada juga grup di WhatsApp untuk diskusi bersama para murid. Tak sendiri, Chef Yohaness juga dibantu 3 pengajar lainnya yang sudah ahli di bidangnya.

3. Harga Kursus Baking Online

dua baker punya kursus baking onlinedua baker punya kursus baking online Foto: instagram @yohanessadhijaya

Harga kursus baking memang tidak murah. Tapi mereka yang baru bergabung bisa mengerti banyak tentang baking. Apalagi pengajarnya juga bukan sembarang orang, karena sudah ahli di bidangnya.

Kursus baking online yang dijalankan oleh Sweet Troops memiliki kisaran harga mulai dari Rp 1 juta dalam satu kali sesi. Biasanya sesi kursus online berlangsung selama 3 jam. "Kalau kisaran harga online kita starts dari satu juta. Tapi kalau hands on dateng tergantung materi sebenernya. Tapi kalau yang seharian sih bisa 2-3 jutaan," ungkap Chef Livianca Venaessa kepada detikFood (25/8).

Mirip dengan Sweet Troops, RAGI milik Chef Yohaness Adhijaya juga memiliki harga kursus baking online dengan harga Rp 1 juta. Harga tersebut untuk saat ini disamaratakan oleh Chef Yohanes. "Sekang kita rate-nya diratain semua kelas itu Rp 1 juta." ungkapnya.

Baca Juga: Roti Babka Jadi Tren di Indonesia, Aslinya Sudah Ada Sejak Abad 19

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Manis Renyah Roti Bakar Pisang Santa yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com