Mau Makan All You Can Eat di New Normal, Amankah?

Inkana Putri - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 09:26 WIB
ayce Foto: shutterstock
Jakarta -

Restoran All You Can Eat atau yang sering disebut juga AYCE hingga saat ini menjadi favorit banyak orang. Restoran yang menghadirkan konsep BBQ grill ini umumnya menawarkan buffet berisi pilihan jenis daging, side dish, dan soft drink yang bisa dimakan sepuasnya. Tak heran mengapa banyak orang yang rela antre untuk bisa makan di sini.

Namun, saat pandemi restoran menjadi salah satu tempat yang bisa menyebarkan virus COVID-19. Melansir WebMD, makan di restoran di dalam ruangan dalam satu meja memiliki risiko tertinggi penularan virus.

Selain itu, konsep buffet pada restoran AYCE juga sangat berisiko. Banyaknya sentuhan tangan pada area drinking machine, buffet, atau lainnya tentu dari pelanggan atau pelayan tentu meningkatkan risiko penyebaran virus.

Agar terhindar dari penyebaran virus, kamu bisa kamu coba bikin makanan ala AYCE di rumah. Selain aman dan lebih sehat, kamu bisa makan kapan saja tanpa batas waktu dan tentunya tanpa takut tertular virus saat pandemi. Ini dia beberapa hal yang perlu kamu siapkan buat BBQ-an di rumah seperti yang dilansir Thrillist berikut ini

Buat List Belanja

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah buat daftar belanjaan dan pergi belanja. Untuk bikin AYCE di rumah bahan utama yang kamu perlukan yakni daging. Di restoran AYCE ada banyak jenis daging yang digunakan mulai dari daging ayam hingga daging sapi.

Untuk jenis daging sapinya pun bermacam-macam seperti wagyu, daging lokal, daging Australia dan lainnya. Selain daging, jangan lupa pastikan bumbu, sayuran, dan side dish masuk dalam daftar belanjaan kamu. Pastikan juga jenis bumbu apa yang ingin kamu gunakan seperti bulgogi, yakiniku, barbekyu, atau sukiyaki.

Persiapkan Alat BBQ

Jika semua bahan-bahan sudah terbeli, selanjutnya kamu perlu siapkan alat untuk memanggang. Saat ini di berbagai e-commerce, ada jenis panggangan khusus bahkan sama seperti di restoran AYCE yang bisa kamu beli. Namun, jika kamu ingin lebih simpel dan praktis tanpa harus beli, kamu juga bisa memanfaatkan teflon untuk memanggang daging.

Marinasi Daging

Konsep restoran AYCE sebenarnya ada berbagai macam. Beberapa restoran ada yang menyiapkan dagingnya dengan berbagai rasa, namun beberapa ada juga yang menghadirkan rasa original. Agar rasa daging lebih lezat, ada baiknya untuk marinasi daging dengan saus pilihan kamu minimal selama 15 menit hingga 24 jam. Pastikan juga daging yang kamu marinate telah diiris tipis terlebih dahulu.

Siapkan Side Dish

Side dish yang dihadirkan di restoran AYCE tentunya bermacam-macam, bergantung pada jenis restoran yang kamu kunjungi. Untuk AYCE Korean BBQ, biasanya kamu akan menemukan side dish berupa kimchi, karage, sosis, dan sup. Sementara, AYCE berkonsep Japanese BBQ mempunyai side dish lebih banyak seperti salad, sup, tom yam, tempura, dan aneka side dish lainnya.

Waktunya Memanggang!

Setelah semuanya sudah siap, sekarang saatnya memanggang daging dan makan sepuasnya. Sebelum memanggang, pastikan alat pemanggang yang kamu gunakan dalam keadaan panas. Selanjutnya, masukan irisan daging ke atas panggangan atau teflon. Jika kamu menggunakan daging original, pastikan untuk mengoles saus atau bumbu terlebih dahulu agar menyerap saat dipanggang. Saat memanggang, kamu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, yakni hanya sekitar 2-3 menit atau 5-6 menit tergantung jenis dan tebal daging yang dipanggang.

Makan AYCE memang bisa dibilang menyenangkan, namun mengonsumsi daging berlebihan ternyata juga bisa meningkatkan risiko kolesterol. Oleh karena itu, sebaiknya imbangi AYCE dengan sayuran yang bergizi. Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr. Adeline Devita mengatakan saat makan AYCE, ada baiknya untuk memilih daging yang memiliki sedikit lemak seperti daging has.

"Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak tinggi. Jadi bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya jika ingin mengonsumsi daging harus memilih jenis daging nya. Pilihlah yang kandungan kolesterolnya rendah seperti daging ayam tanpa kulit, daging sapi yang kandungan lemaknya sedikit seperti has dalam (tenderloin)," ujar dr Adeline kepada detikFood baru-baru ini.

Selain itu dr Adeline juga menyarankan agar menghindari memasak daging dengan cara menggoreng, apalagi dengan minyak yang berlimpah. Kamu juga bisa mengonsumsi Nutrive Benecol sebanyak dua botol setiap harinya setelah makan AYCE. Kandungan Plant Stanol Ester (PSE) dalam Nutrive Benecol telah teruji mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.



Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)