Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Mama Rieta, Ini Ceritanya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 17 Agu 2020 14:00 WIB
Cerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama Rieta Foto: dok. Chef Chandra Yudasswara
Jakarta -

Begini cerita dari chef Chadra Yudasswara dan Yongki Gunawan yang turut andil dalam aplikasi buatan Mama Rieta yang baru diluncurkan, kemarin (16/8).

Rieta Amilia atau yang dikenal dengan Mama Rieta bersama Nagita Slavina dan sejumlah chef dari ICA baru saja meluncurkan aplikasi untuk pelaku bisnis kuliner, kemarin (16/8). Acara peluncuran tersebut berlangsung di kantor Electrolux Taste and Care Center (ETCC) dan dihadiri sejumlah rekan wartawan.

Pada acara tersebut, Mama Rieta menyampaikan soal aplikasi bernama Rietzstar yang diluncurkan olehnya. Aplikasi tersebut dibuat untuk tujuan memajukan bisnis kuliner UMKM. Karena saat ini bisnis kuliner rumahan banyak dipilih di tengah pandemi COVID-19.

Aplikasi tersebut nantinya akan membantu para pelaku bisnis kuliner rumahan (UMKM) dalam memasarkan produk mereka. Selain itu mereka yang bergabung nantinya dapat secara langsung diberikan rating oleh chef profesional dan sejumlah influencer.

Cerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama RietaCerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama Rieta Foto: dok. Chef Chandra Yudasswara

Baca Juga: 8 Langkah Jitu Bisnis Kuliner dari Pakar Brand, Penting Bagi Pemula!

Lewat aplikasi Rietzstar juga kamu bisa mendapatkan sertifikat resmi untuk produk yang ditawarkan. Ada juga jasa free endorse yang akan dieksekusi langsung oleh Mama Rieta.

Mama Rieta tak menjalankan aplikasi ini sendirian, ia dibantu oleh Nagita Slavina dan juga sejumlah chef dari ICA. Ada juga Electrolux dan Ammana Syariah sebagai wadah peminjaman modal bagi para pelaku bisnis kuliner.

Cerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama RietaCerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama Rieta Foto: dok. Chef Chandra Yudasswara

Dalam press conference yang dilakukan kemarin, hadir di sana Chef Chandra Yudasswara dan Yongki Gunawan. detikFood berkesempatan untuk bertanya via WhatsApp dan telepon kepada mereka soal keterlibatan keduanya di aplikasi Rietzstar ini.

Chef Chandra Yudasswara menceritakan kalau ia mengetahui ide tersebut lebih dulu. Setelah itu baru ia sampaikan maksud Mama Rieta ke para chef yang tergabung di Indonesian Chef Association (ICA).

Cerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama RietaCerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama Rieta Foto: dok. Chef Chandra Yudasswara

"Aku merangkul dan membuatkan sistem kerja antar chef dan Rietzstar. Aku juga support bu Rieta buat aps ini agar bisa menyatukan elemen banyak chef menjadi bagian dari sistem kurator fnb industri rumahan agar dapat sertifikat dari chef. Jadi lebih dikenal publik dan bantu promosi UMKM juga." beber Chef Chandra Yudasswara menjawab pertanyaan detikFood via WhatsApp (16/8).

Chef Chandra Yudasswara juga melihat kalau aplikasi buatan Mama Rieta ini sebuah trobosan baru di dunia kuliner. Dimana mereka membantu UMKM dan bisnis kuliner rumahan untuk lebih maju ke depannya.

Cerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama RietaCerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama Rieta Foto: Instagram @yongki_gunawan_kue

Chef Yongki Gunawan juga membeberkan ceritanya soal Mama Rieta yang punya tujuan baik saat membuat aplikasi Rietzstar ini. "Aku di sini hanya memotivasi dia karena seorang Mama Rieta ini hebat. Baru kali ini saya ketemu istilahnya artis yang intensi memajukan produk-produk orang lain, dia orangnnya sosial sekali." ungkap Chef Yongki Gunawan saat detikFood wawancara via telepon (17/8).

Cerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama RietaCerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama Rieta Foto: Instagram @yongki_gunawan_kue

"Mama Rieta menggaet saya, lalu saya bawa sama ICA (Indonesian Chef Association). Jadi dia menggaet karena kita semua chef dari Indonesia. Setelah itu baru dia bikin dan cerita kalau mau buat aplikasi Rietzstar." lanjut Chef Yongki Gunawan.

detikFood juga menanyakan kepada Chef Yongki Gunawan perihal peran ICA (Indonesian Chef Association) di dalam aplikasi Rietzstar tersebut. Chef Yongki Gunawan menjelaskan, "Peran ICA di sini sebagai pendamping. Kami di sini akan membantu memberikan knowledge. Jadi umpamanya kalau makanannya kurang enak, soal higenitas, nah nanti dari ICA yang membantu."

"Jadi, nanti kita juga akan men-training. Kita ada bidangnnya, ada yang masakan Barat, masakan Indonesia, ada yang pastry, ada yang kue basah kan." lanjut Chef Yongki Gunawan.

Menyoal rating makanan yang akan diberikan oleh aplikasi Rietzstar bagi pelaku bisnis kuliner rumahan. Chef Chandra Yudasswara mengatakan kalau rating yang diberikan nantinya secara menyeluruh.

"Jadi nanti mereka datang ke tempat kita bawa produknya. Terus kita cobain bersama 5 chef dan ifluencer, ada artis juga. Kita kasih rating langsung." beber Chef Chandra Yudasswara.

Cerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama RietaCerita Chef Chandra dan Yongki Gabung di Aplikasi Buatan Mama Rieta Foto: dok. Chef Chandra Yudasswara & Instagram @yongki_gunawan_kue

"Penilaiannya nanti harus secara menyeluruh. Mulai dari kualitas, karakter, rasa, tekstur, sampai penampilan makanannya." lanjut Chef Chandra.

Jadi, nantinya para pelaku bisnis kulier rumahan yang bergabung dengan Rietzstar tak hanya diberikan rating berupa bintang saja. Melainkan juga pembelajaran lebih detail mengenai makanan yang mereka tawarkan.

Bagi pelaku bisnis kuliner rumahan atau UMKM bisa mendaftarkan diri dan mendapatkan info melalui IG @rietzstar dan website www.rietzstar.com. Pendaftaran bisa dilakukan mulai 17 Agustus 2020 dan kuarasi akan dimulai bulan September 2020.

Baca Juga: Mama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKM



Simak Video "Kudapan Buka Puasa: Martabak Telur Daging Sapi ala Chef Chandra"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)