Mama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKM

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 17:30 WIB
Mama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKM Foto: dok. rietzstar
Jakarta -

Ikut memajukan UMKM, Rieta Amilia atau Mama Rieta, ibu Nagita Slavina meluncurkan sebuah produk berupa aplikasi yang berguna untuk penggiat bisnis kuliner.

Di tengah pandemi COVID-19, banyak orang memilih bisnis kuliner untuk mereka tekuni. Apalagi bisnis kuliner online, tak hanya pelaku UMKM bahkan artis sekalipun. Ini karena bisnis kuliner online sangat mudah untuk dilakukan di rumah.

Segala jenis makanan mereka tawarkan, mulai dari makanan khas Nusantara hingga internasional. Banyak juga yang menawarkannya dalam bentuk ready to cook atau olahan beku. Para penggiat bisnis kuliner online ini juga tak memerlukan tempat khusus dan hanya mengandalkan media sosial sebagai wadah promosi mereka.

Mama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKMMama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKM Foto: Instagram @rieta_amilia

Melihat fenomena soal bisnis kuliner online ini, membuat Rieta Amilia, ibu Nagita Slavina yang akrab disapa Mama Rieta ingin ikut andil. Mama Rieta yang juga memiliki passion di bidang kuliner ingin memajukan UMKM dan bisnis kuliner di Indonesia dengan mengeluarkan sebuah produk.

Baca Juga: 8 Langkah Jitu Bisnis Kuliner dari Pakar Brand, Penting Bagi Pemula!

Produk yang diluncukannya kali ini berbasis aplikasi. Adalah Rietzstar sebuah aplikasi untuk kurasi makanan dan minuman. Aplikasi tersebut memberikan rating peringkatmasakan yang dilakukan oleh chef terbaik dari Indonesian Chef Association (ICA)yang juga turut andil dalam peluncuran aplikasi tersebut.

Mama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKMMama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKM Foto: dok. rietzstar

Ada juga fasilitas free endorse dan mendapatkan modal pinjaman usaha untuk mengembangkan bisnis kuliner rumahan dari Ammana Syariah. Tak hanya itu, ternyata peserta juga akan diberikan sertifikat resmi dari Indonesian Chef Association. Rietzstar ternyata juga menyediakan layanan paket promosi serta meningkatkan kualitas kemasan makanan agar tampil premium.

Mama Rieta selaku CEO dari Rietzstar dalam sambutan acara Soft Launching sore ini (16/8) juga menjelaskan bagaimana dirinya berpikir untuk mengeluarkan produk aplikasi tersebut.

Mama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKMMama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKM Foto: dok. rietzstar

"Saya tuh suka pesan makanan lewat online. Tapi saya tidak tahu rasanya enak atau nggak. Kadang saat pesan juga tidak seperti yang saya bayangkan. Dari situ saya memutuskan untuk membuat aplikasi Rietzstar ini." ujar Mama Rieta disampingi putrinya Nagita Slavina.

"Harapan saya semoga bisa bermanfaat untuk para penggiat kuliner indonesia dan meningkatkan income untuk bisnis mereka di tengah pandemi ini." lanjut Mama Rieta.

Dalam acara peluncuran aplikasi yang berlangsung di Electrolux Taste and Care Center (ETCC) tersebut selain Mama Rieta dan Nagita Slavina, turut juga hadir 7 chef ICA dan Slamet Jarwanto selaku Vice President yang mewakili Indonesian Chef Association (ICA).

Mereka yang hadir antara lain Chef Chandra Yudasswara, Chef Yongki Gunawan, Chef Juna Rorimpandey, Chef Lucky Andreono, Chef Lucky Permana, Chef Ragil, Chef Santo Susanto, Chef Handry USS, Chef Mutofik, Chef Henry Alexie Bloem, Chef Sisca Soewitomo, Chef Sisca Andriani Sumadi, dan Chef Ricky Sulaiman.

Chef Chandra yang juga hadir dalam acara tersebut memberikan dukungannya. "Saya mendukung ide Mama Rieta ini untuk membantu orang banyak," ungkap chef yang memiliki beberapa restoran di beberapa kota di Indonesia.

Mama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKMMama Rieta dan Nagita Bikin Aplikasi Rietzstar Untuk Pelaku Bisnis Kuliner UMKM Foto: dok. rietzstar

Diharapkan adanya aplikasi Rietzstar dapat membantu UMKM dan pebisnis kuliner rumahan untuk memajukan bisnisnya. Mulai dari kualitas makanan dan minuman hingga kemasan makanan yang dipakai. Bagi pelaku bisnis kuliner rumahan atau UMKM bisa mendaftarkan diri dan mendapatkan info melalui IG @rietzstar dan website www.rietzstar.com. Pendaftaran bisa dilakukan mulai 17 Agustus 2020 dan kuarasi akan dimulai bulan September 2020.

Baca Juga: Punya Resort Mewah di Bali, Begini Gaya Ibunda Nagita Slavina Saat Kulineran



Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)