Tragis! Bocah 14 Tahun Ini Tewas Usai Makan Popcorn di Bioskop

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 08 Agu 2020 13:30 WIB
Bocah tewas usai makan popcorn Bocah tewas usai makan popcorn Ilustrasi Foto: iStock
Jakarta -

Seorang bocah berusia 14 tahun meninggal dunia setelah mengonsumsi popcorn di bioskop. Ternyata ia memiliki alergi pada bahan makanan tertentu.

Kisah tragis datang dari seorang bocah di London, Inggris. Bocah tersebut adalah Ruben Bousqet yang saat itu sedang menonton film di bioskop Odeon BFI IMAX. Ruben kemudian memesan popcorn dan minuman soda untuk camilan selama menonton film.

Awalnya tak ada hal aneh yang dirasakan. Lalu di pertengahan film, bocah pemain hoki es itu merasa tak enak badan, hingga akhirnya orangtuanya memutuskan untuk pulang ke rumah di Balham, London Selatan.

Bocah tewas usai makan popcornBocah tewas usai makan popcorn Foto: iStock

Baca Juga : Kenali 6 Makanan Pemicu Alergi Ini!

Saat masuk ke dalam mobil, bocah berusia 14 tahun itu masih bernapas dengan normal. Namun, setelah di perjalanan Ruben mengeluh dadanya terasa gatal-gatal. Semakin parah karena setelah sampai rumah, Ruben mengalami kesulitan bernapas.

Kondisinya parah, bahkan Ruben sampai sulit untuk berbicara. Sang Ibu, Judith Bousquet langsung menyuntiknya menggunakan epipen atau alat penyuntik untuk mengobati reaksi alergi di bagian dada. Setelah dua kali suntikan, Ruben jatuh pingsan.

Judith lantas menghubungi ambulan. Ia juga memberikan pertolongan berupa CPR, hingga akhirnya tim ambulans datang dan membawa Ruben ke rumah sakit anak Evelina di London. Nahas, nyawanya tak tertolong.

Bocah tewas usai makan popcornBocah tewas usai makan popcorn Foto: Mirror UK

Setelah diperiksa oleh dokter, ternyata Ruben alergi terhadap susu yang digunakan untuk membuat popcorn. Sebelumnya, Ruben memang telah didiagnosis alergi terhadap makanan tertentu sejak usianya 18 bulan. Karenanya ia selalu diberi suntikan epipen saat alerginya kambuh.

Selain alergi, bocah tersebut juga menderita asma, konjungtivitis hingga eksim. Dr Cheng yang menangani Ruben menjelaskan bahwa penyakit asma membuat alergi makanan anafilaksis berisiko lebih tinggi.

Bocah tewas usai makan popcornBocah tewas usai makan popcorn Foto: Mirror UK

"Itu membunyikan bel alarm jika seorang anak mengalami sejumlah reaksi parah. Kemungkinan besar dia meninggal karena episode anafilaksis terkait makanan," ujar Dr Chang, seperti dikutip dari Mirror UK (06/08).

Lebih lanjut, dokter tersebut juga mengatakan bahwa memberikan suntikan epipen di bagian dada seperti yang dilakukan dapat berbahaya dan hal tersebut sangat tidak disarankan.

Baca Juga : Memiliki Alergi Makanan, 5 Orang Ini Atasi dengan Cara Ini



Simak Video "Resep Ayam Popcorn Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)