Sajian Maknyus Idul Adha

Jajan Sate Kambing 29 yang Legendaris di Kota Lama Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikFood Selasa, 28 Jul 2020 11:00 WIB
sate kambing 29 semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang -

Kuliner legendaris di Kota Semarang cukup banyak. Salah satunya Sate dan Gule Kambing 29 Semarang. Selain rasa yang sedap, lokasinya ada di pusat Kota Lama.

Kuliner sate kambing di Semarang ada beberapa. Seperti sate kambing kapuran yang legendaris. Tetapi jika berwisata ke Kota Lama Semarang jangan lupa mampir warung Sate dan Gule kambing 29 yang sudah ada sejak 57 tahun lalu. Letaknya strategis di depan Gereja Blenduk tepatnya di Jalan Letjen Suprapto nomor 29.

Warung ini buka hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00-21.00 WIB. Untuk parkir kendaraan, kini sudah tidak bisa di dekat warung karena penataan Kota Lama sudah dilakukan sehingga harus ke tempat parkir yang disediakan.

sate kambing 29 semarangsate kambing 29 semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya

Saat detikcom tiba di warung yang berdiri sejak 1963 itu, mata langsung tertuju pada gambar menu sate campur daging. Ketika dihidangkan, sate campur daging, ati, jantung, dan ginjal kambing tampak menggoda. Disajikan bersama irisan bawang merah, sambal rawit merah dan seiris jeruk nipis.

Tidak tercium aroma prengus sama sekali dari satenya. Bumbu yang meresap dan campuran kecap manis membuat olahan kambing jadi makin sedap dinikmati. Potongan daging kambing mudanya cukup besar dan padat. Empuk juicy!

Memesan setengah porsi dengan 5 tusuk sate ditambah nasi putih ternyata sudah cukup mengisi perut. Jika masih kurang kenyang, bisa memesan satu porsi dengan 10 tusuk sate. Untuk harga satu porsi dibandrol seharga Rp 82.500.

Menu lainnya yang menggiurkan yaitu gule (Rp 50 ribu), gule kaki (Rp 60 ribu), sate buntel isi 2 tusuk sate daging cincang (Rp 82.500), otak (Rp 25 ribu), sum-sum (RP 50 ribu), balungan (50 ribu).

sate kambing 29 semarangsate kambing 29 semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya

"Ini sudah buka sejak 1963, sekarang ini sudah generasi ketiga," kata salah satu karyawan.

Warung sate dan gule 29 tidak hanya dikenal para wisatawan, tapi banyak artis dan pejabat yang juga mampir ke sana. Sejumlah foto orang-orang terkenal dipajang di meja kasir mulai dari Ganjar Pranowo, Irwansyah, Rio Dewanto, Delon, dan banyak lagi.

"Kemarin pak menteri Kesehatan mampir ke sini," ujarnya.



Simak Video "Icip-icip Sate Kambing Tegal Populer di Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)