ADVERTISEMENT

Makan Enak di Era Baru

Ini Aturan Baru Kalau Mau Makan-makan di Mal Kota Kasablanka

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 19 Jun 2020 12:00 WIB
Protokol kesehatan restoran di Mal Kota Kasablanka
Protokol kesehatan restoran di Mal Kota Kasablanka Foto: detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Setelah ditutup sementara karena pandemi COVID-19, Mal Kota Kasablanka kembali dibuka di masa new normal. Bagaimana protokol kesehatannya?

Kota Kasablanka merupakan pusat perbelanjaan yang populer di Jakarta. Meski berada di kawasan Jakarta Selatan, tetapi pengunjungnya datang dari berbagai daerah bahkan hingga ke Depok dan Tangerang.

Maka tak heran, sebelum adanya corona, mal tersebut selalu dipadati pengunjung setiap harinya. Biasanya area kuliner yang paling sering dituju oleh pengunjung. Area kuliner itu dikenal dengan sebutan Food Society.

Setelah dibuka kembali pada 15 Juni lalu, area kuliner di Kota Kasablanka itu kembali dikunjungi pelanggannya. Dari pantauan detikcom (17/06), pengunjung di area kuliner itu jauh lebih sedikit dari biasanya.

Protokol kesehatan restoran di Mal Kota KasablankaProtokol kesehatan restoran di Mal Kota Kasablanka Foto: detikFood/Riska Fitria

Pemandangannya juga berbeda dari sebelum pandemi. Sekarang setiap pengunjung mal harus mengikuti sederet protokol kesehatan yang ketat. Saat masuk, pengujung harus menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan.

Kemudian, pengunjung dicek suhu tubuhnya, jika di bawah 37,5 maka pengunjung dapat masuk ke dalam mal. Ketika berjalan di area mal juga tak sembarangan. Sudah ditentukan satu jalur agar pengunjung tidak saling berpapasan ketika jalan.

Aturan satu jalur itu juga berlaku di gerai-gerai kuliner, satu jalur untuk masuk dan satu jalur untuk keluar. Pengecekan suhu pun dilakukan di setiap gerai kuliner.

Protokol kesehatan di area kuliner lainnya terlihat dari penataan meja dan kursi. Untuk meja ukuran kecil hanya diperbolehkan satu orang, sementara untuk meja berukuran besar hanya bisa untuk 3 orang saja.

Protokol kesehatan restoran di Mal Kota KasablankaProtokol kesehatan restoran di Mal Kota Kasablanka Foto: detikFood/Riska Fitria

Baca Juga : Mau Makan di SMB? Ini Protokol Kesehatan yang Harus Ditaati

Setiap gerai kuliner sudah membatasi kapasitas pengunjung. Penataan meja dan kursi juga diatur jaraknya. Aturan jaga jarak itu dilengkapi dengan pembatas akrilik di meja-meja pengunjung dan juga meja kasir.

Perihal protokol kesehatan itu banyak dipasang di area mal, mulai dari dinding mal, lantai hingga eskalator sebagai pengingat pengunjung untuk tetap waspada.

Protokol kesehatan itu tidak hanya berlaku pada pengunjung, tetapi juga pada karyawan di area kuliner. Mereka menggunakan alat pelindung diri, mulai dari sarung tangan, masker dan face shield.

Bahkan gerai Mangkokku, juga mencatat suhu tubuh dari karyawannya dan menempelkannya di depan pintu masuk. Hal itu guna membuat pengunjung merasa aman.

Protokol kesehatan restoran di Mal Kota KasablankaProtokol kesehatan restoran di Mal Kota Kasablanka Foto: detikFood/Riska Fitria

Namun, masih ada beberapa outlet kuliner yang masih menutup gerainya. Seperti SushiGroove, Kitchenette, Nama Sushi dan Padang Petir milik Youtuber Atta Halilintar.

Dari pantauan detikcom kemarin, ada salah satu restoran Jepang yang diantre pengunjung. Area mengantre itu juga diberi jarak. Restoran tersebut adalah Ikkudo Ichi. Restoran tersebut juga telah membatasi kapasitas pengunjung maksimal 27 orang.

Selama new normal untuk sementara ini Kota Kasablanka juga mengubah jam operasional. Kini buka mulai dari pukul 11.00 dan tutup di jam 20.00.

Baca Juga : Protokol Baru New Normal Restoran Berbintang hingga Rumah Makan



Simak Video "Gemasnya Bakpao Karakter Khas Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT