Makan Enak di Era Baru

Mau Makan di SMB? Ini Protokol Kesehatan yang Harus Ditaati

Devi Setya - detikFood Kamis, 18 Jun 2020 12:00 WIB
summarecon mal bekasi new normal Foto: Devi S. Lestari/detikFood
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru
Jakarta -

Summarecon Mal Bekasi (SMB) kembali beroperasi sejak Sabtu (13/6) setelah tutup sementara karena pandemi corona. Tapi kini, ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi para pengunjung mal.

Mal di bilangan Bekasi ini terbilang populer bagi kalangan foodies. Pusat perbelanjaan ini memiliki area kuliner yang dikenal dengan sebutan Downtown Walk. Di sini terdapat belasan tenant kuliner yang siap memanjakan lidah.

Area ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan saat di hari kerja sekalipun. Dari pantauan DetikFood (17/6) area kuliner ini termasuk yang paling ramai dibandingkan area dalam mal. Banyak orang sengaja bersantai di area outdoor sambil menikmati makanan.

Berbeda dengan kunjungan mal sebelum pandemi, kini pengunjung mal harus mengikuti beberapa protokol kesehatan yang diberlakukan. Aturan ini cukup ketat dan berlaku untuk seluruh pengunjung.

summarecon mal bekasi new normalsummarecon mal bekasi new normal Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Baca juga : Protokol Baru New Normal Restoran Berbintang hingga Rumah Makan


Saat baru masuk, pengunjung harus mengisi data diri lebih dulu melalui aplikasi online. Hanya pengunjung yang sudah berhasil registrasi yang boleh memasuki area mal. Sebelum masuk, petugas akan mengarahkan pengunjung untuk mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Pengunjung juga wajib mengenakan masker dan melakukan cek suhu tubuh.

Di area kuliner juga terlihat penataan tempat makan yang sudah diberi jarak. Dalam satu meja hanya boleh ditempati 2 orang, itupun dengan jarak yang diatur berjauhan. Jika ada yang membandel dan menggeser kursi maka petugas akan langsung menghampiri untuk mengingatkan perihal jaga jarak.

Di sini juga disediakan hand sanitizer di banyak tempat seperti dekat pintu masuk, depan toilet dan di setiap tangga eskalator.

summarecon mal bekasi new normalsummarecon mal bekasi new normal Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Tak hanya area makan saja, para pelayan di setiap restoran juga menerapkan standar kebersihan. Hampir semua pelayan restoran mengenakan masker, face shield dan sarung tangan. Namun ada juga yang hanya mengenakan masker saja.

Untuk area makan publik di outdoor tidak ada sekat akrilik yang membatasi namun di area dalam restoran ada yang menerapkan sekat akrilik. Di beberapa restoran, bagian kasir dibatasi dengan tirai transparan.

Salah satu karyawan restoran mengatakan standar kesehatan ini diberlakukan sepanjang jam kerja. "Sejak mal buka dan restoran buka, harus pakai masker, face shield dan sarung tangan. Wajib dari perusahaan juga, soalnya kita kan kontak langsung sama orang, antar makanan, pegang barang ini itu. Nggak ganggu kok, malah jadi ngerasa lebih aman," ujar Mega, salah satu pegawai Yogurtland.

summarecon mal bekasi new normalsummarecon mal bekasi new normal Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Baca juga : Makan di Mobil Kini Jadi 'New Normal', Ini Cerita Netizen

Yang menjadi perhatian kami, area kuliner ini semakin malam justru semakin ramai pengunjung. Pengunjung bahkan memenuhi semua kursi di area makan outdoor. Kalangan pengunjungnya juga beragam mulai dari anak muda hingga kalangan keluarga. Kami bahkan sempat melihat pengunjung yang tengah hamil besar, penjunjung lansia dan pengunjung yang membawa anak-anak.

Pemandangan ini sekaligus membuktikan kalau pengunjung memang sudah lama ingin refreshing. Beberapa restoran ternama seperti Solaria, Raa Cha dan Marugame Udon bahkan pengunjungnya membludak hingga harus antre. Ini membuktikan kalau banyak orang rindu makan di restoran.

Meskipun sudah boleh makan di area publik, tapi kami menghimbau untuk tetap menjaga kebersihan serta mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Topokki Panjang di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru