Relawan Covid 19 Sulsel Berbuka dengan Pisang Ijo dan Palakko Ayam

Ibnu Munsir - detikFood Minggu, 26 Apr 2020 11:15 WIB
Relawan COVID-19 Makassar Foto: dok. detikFood/Ibnu Munsir
Jakarta -

Para relawan ini punya pengalaman baru berbuka puasa. Selain dalam pandemi corona, mereka menikmati sajian khas Makassar yang lezat menggoda.

Para relawan dan bantuan kemanusiaan Covid 19 di Sulawesi Selatan punya pengalaman istimewa Ramadhan kali ini. Agar tetap sehat, mereka dianjurkan memakan makanan bergizi dan vitamin agar kondisi tubuh selalu bugar.

Salah satu menu andalan para relawan adalah makanan khas Sulsel yaitu Palekko Ayam. Palekko ayam merupakan olahan ayam berbumbu pedas yang dimasak mengunakan bumbu cabe dan rempah alami khas Sulsel. Makanan ini dianggap sebagai makanan bergizi bagi relawan sebagai menu buka puasa.

Selain Palekko, makanan ini juga dikombinasikan dengan madu dan sayuran agar kondisi tubuh para relawan covid 19 tetap sehat dan terjaga.

Relawan COVID-19 MakassarRelawan COVID-19 Makassar Foto: dok. detikFood/Ibnu Munsir

"Tim relawan dan bantuan kemanusiaan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia hari pertama, hari kedua tetap buka puasa di kampus. Buka puasa puasa tetap sesuai dengan asupan gizi untuk menghadapi pandemi covid 19. Nanti maka asupan gizi tim relawan mahasiswa harus tetap terjaga. Berupa sayur, nasi, ayam, daging, telur dan vitamin lainnya tetap harus kita sediakan dan yang lebih spesial lagi hari kedua ini ada makanan khas dari Sidrap Palekko," kata Dekan FTI UMI Makassar, Zakir Sabara, Sabtu (25/4/2020).

Zakir menjelaskan selain menu makanan sehat, ia juga mengharuskan para relawan tetap bisa beristirahat selama bulan suci ramadhan. Para relawaan ini diminta untuk tidur tidak kurang lebih 7 jam dalam sehari.

"Madu juga penting dan Coconut oil, vitamin dan lain-lainnya selalu tersedia dan yang paling penting mereka tidak boleh kurang dari 6 sampai 7 jam waktu istirahatnya dalam sehari," jelasnya.

Relawan COVID-19 MakassarRelawan COVID-19 Makassar Foto: dok. detikFood/Ibnu Munsir

Selain makanan bergizi sehat, kebersihan dan higienis makanan para relawan Covid 19 juga sangat diperhatikan. Dengan mengikuti protap WHO seluruh tim relawan tetap menjaga jarak, mengunakan masker dan sarung tangan dalam menyediakan makanan.

"Alhamdulillah di bulan Ramadhan kami dari tim dapur dari khususnya dalam memasak untuk sahur untuk buka puasa dalam menjaga kebersihan dan keindahan makanan. Kemarin kami masak ayam dan tadi subuh kami sudah dijelaskan teman-teman dapur memasak ayam palekko khas Sulawesi Selatan," kata relawan dapur, Ade Irma Suryani.

Relawan COVID-19 MakassarRelawan COVID-19 Makassar Foto: dok. detikFood/Ibnu Munsir

Irma menjelaskan, menu buka puasa juga disiapkan bagi relawan yakni pisang ijo. Pisang sendiri dianggap sebagai makanan sumber energi lantaran pisang memiliki khasiat yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

"Kami akan memasak khas Sulawesi Selatan lagi, rendang dan pisang ijo. Tentunya kami di tim dapur tetap memperhatikan alat untuk memasak tetap menggunakan masker menjaga jarak antar teman di dapur dan memakai sarung tangan," paparnya.



Simak Video "Palekko hingga Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Relawan di Sulawesi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)