Camilan Hits di Medan, Donat Keju dan Tiramisu yang Empuk Manis

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 01 Mar 2020 10:00 WIB
Keju Kesu Foto: dok. detikFood
Medan -

Di Medan ada camilan yang sedang hits bernama Keju Kesu. Donat-donat ukuran mungil disajikan dengan topping keju, cokelat, matcha, sampai tiramisu yang manis legit.

Keju Kesu merupakan gerai camilan yang tengah populer di Medan. Berawal dari tahun 2017, gerainya kini tersebar di 4 lokasi. Saking populernya, gerai-gerai Keju Kesu kerap menuai antrean panjang dari pembeli maupun supir ojek online (ojol).

Menu andalan Keju Kesu adalah donat mini dan pisang nugget aneka topping. Varian toppingnya beragam seperti keju parut, saus cokelat, matcha, tiramisu, dan topping premium lain.

Camilan Hits di Medan, Donat Keju dan Tiramisu yang Empuk Manis Foto: dok. detikFood

Seporsi produk Keju Kesu harganya Rp 25.000 sampai Rp 27.000, tergantung pilihan topping. Dalam sehari, di keseluruhan gerai bisa menghabiskan 1 tandan besar pisang kepok kuning dan 250 kg tepung terigu yang menjadi bahan utama adonan donat.

Baca Juga: Ayam Penyet Favorit Orang Medan Ini Pakai Sambal Cacadut hingga Palak

Keju Kesu didirikan anak muda bernama Adhitiya Wicaksana. Ia juga dibantu Bima Firanda sebagai co-founder. Keduanya sukses membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang sekitar dari bisnis Keju Kesu.

Camilan Hits di Medan, Donat Keju dan Tiramisu yang Empuk Manis Foto: Grab Indonesia

Selain memiliki gerai sendiri, dua gerai Keju Kesu merupakan bagian dari GrabKitchen. Di GrabKitchen Pasar Tiga, misalnya, Keju Kesu mempekerjakan 6 pegawai. Mereka tidak perlu membuat menu dari awal karena ada stok yang dikirim dari rumah produksi.

Tugas mereka hanya menggoreng sebentar pisang nugget atau donat mini lalu memberikan topping sesuai pesanan. Setiap hari para pegawai Keju Kesu bekerja di dapur yang sudah dilengkapi standar peralatan internasional.

Bima menilai kerja samanya dengan GrabKitchen memudahkan bisnisnya sebab ia bisa meminimalisir kerugian karena salah pilih lokasi gerai.

Camilan Hits di Medan, Donat Keju dan Tiramisu yang Empuk Manis Foto: dok. detikFood

"GrabKitchen memudahkan pemilik bisnis kuliner seperti Keju Kesu untuk buka cabang. Mereka tidak perlu keluarkan biaya mahal apalagi riset pasar untuk tahu wilayah mana yang bagus pasarnya. GrabKitchen sudah menyiapkan tempat dan dapur. Merchant hanya tinggal sediakan juru masak," ujar Anggrini selaku Account Manager GrabKitchen Medan pada detikFood (28/2).

Mengenai keuntungan lain, Bima berujar, "Keuntungannya meningkat sekitar 30 persen, pelanggannya juga." Keju Kesu baru saja bergabung di GrabKitchen pada akhir 2019 dan awal 2020.

Baca Juga: Hanya di Dapur Rumah, Wanita Ini Sukses Jualan Rice Bowl Salmon



Simak Video "Gurih Nikmat Kari Medan di RM Tabona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)