Hanya di Dapur Rumah, Wanita Ini Sukses Jualan Rice Bowl Salmon

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Feb 2020 17:30 WIB
jj salmon medan Foto: doc. detikfood
Medan -

Bisnis makanan online juga marak di Medan. Salah satunya pemilik JJ Salmon yang mengandalkan dapur rumah untuk menjalankan bisnis rice bowl salmon dan ikan beku.

Kemajuan teknologi kini membuat siapapun bisa sukses asal memanfaatkannya dengan cerdik. Hal ini dirasakan pemilik bisnis makanan online di Medan, Renova. Sejak Agustus 2019 ia membuka usaha JJ Salmon.

Renova tidak memiliki gerai, apalagi restoran. JJ Salmon merupakan usaha rumahan yang berpusat di dapur mungilnya. Berawal ketika ia ingin memiliki usaha sampingan selain menjadi ibu rumah tangga dan mengurus anaknya yang masih kecil.

"Idenya dari coba-coba, sampingan, cari kegiatan. Belakangan kan jualan makanan banyak, jadi kita ingin coba, mana tahu bisa jalan," kata Renova saat ditemui detikFood (27/2) bersama Grab Indonesia di rumahnya. Rice bowl salmon dijadikan menu andalan karena Renova sering membuat olahan salmon sebagai MPASI anaknya.

Hanya di Dapur Rumah, Wanita Ini Sukses Jualan Rice Bowl Salmon Foto: doc. detikfood


Baca Juga: Orang Medan Doyan Makan, Ini Menu Laris Manis di GrabFood


Renova bercerita, "Awalnya untuk MPASI anak-anak, cuma karena keseringan beli salmon, kita coba-coba jual. Rupanya permintaan di luar lumayan. Akhirnya kita coba tingkatkan lagi." Ia memberi nilai tambah pada salmon jualannya dengan mengolah jadi makanan siap santap.

Rice bowl favorit di JJ Salmon adalah salmon teriyaki. Harganya sekitar Rp 85.000-95.000. Renova bersama suaminya meracik sendiri saus teriyaki hingga mendapat rasa gurih manis yang pas.

Tiap porsi rice bowl salmon juga dilengkapi salad dan kentang goreng. Salad dressing juga dibuat JJ Salmon sendiri. Keunikan lain ialah pemakaian nasi bumbu mentega yang gurih pulen.

Hanya di Dapur Rumah, Wanita Ini Sukses Jualan Rice Bowl Salmon Foto: doc. detikfood


Selain bumbu teriyaki, ada bumbu black pepper dan sambal. "Sebulan bisa habiskan 300 kilo gram salmon. Sekitar 50-75 kg harus dihabiskan dalam satu minggu karena salmonnya grade untuk sashimi, aman dimakan mentah," tambah suami Renova.

Meski hanya skala rumahan, bisnis makanan online Renova lancar karena pesanan per hari bisa mencapai 30 porsi. Ia hanya dibantu seorang karyawan untuk meracik semuanya.

Renova mengaku tak pusing dalam urusan mengantarkan rice bowl salmon dan menu andalan lain dari JJ Salmon. Sejak awal berdiri, ia sudah menggunakan GrabExpress yang fokus pada jasa pengantaran. Fitur ini dinilai Renova lebih praktis dibanding ia harus menyewa kurir.

Hanya di Dapur Rumah, Wanita Ini Sukses Jualan Rice Bowl Salmon Foto: Grab Indonesia

"Sejauh ini lancar-lancar saja pakai pakai GrabExpress. Enaknya ada bukti pengantaran," kata Renova. Fitur terbaru, ia bisa memakai GrabExpress untuk mengantarkan makanan sekaligus ke 3 tempat.

Kelebihan lainnya adalah fleksibilitas dimana jika makanan yang dikirim hanya 1 item, GrabExpress tetap bisa mengantarkan.

"Orang order berapapun bisa dikirim dalam waktu bersamaan. Kalau kurir kan mesti nunggu yang searah. Terus takut makanannya dingin. Kalau GrabExpress kan langsung, jadi makanan masih hangat sampai ke pelanggan," tutup Renova.

Baca Juga: Bubble Tea 2 Liter yang Hits di Medan Ini Pakai Racikan Asli Taiwan




Simak Video "Gurih Nikmat Kari Medan di RM Tabona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)