Pencinta Durian, Riau Saat Ini Dilanda "Banjir" Durian Lezat

Chaidir Anwar Tanjung - detikFood Minggu, 05 Jan 2020 18:00 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Durian Enak
Pekanbaru - Pencinta durian tentu sangat senang di bulan-bulan musim durian. Di Riau yang dikenal dengan durian legit dan wangi pun sedang kebanjiran durian.

Di awal tahun 2020 ini, sejumlah wilayah di Riau lagi panen puncak buah yang kulitnya berduri. Di Pekanbaru ibu kota Provinsi Riau ini, pedagang durian menjamur di mana-mana.

Misalkan saja, di sepanjang jalan Soekarno Hatta, di jalan Subrantas, di Kaharudin Nasution, di jalan Arifin Achmad dan sejumlah ruas jalan besar lainnya. Akan mudah terlihat pedagang musiman menjajakan durian dengan mobil pickup.

Para pedagang juga menyediakan tikar plastik untuk alas konsumen yang akan duduk menyantap durian di lokasi. Ada juga pedagang yang menyediakan tenda dan kursi-kursi plastik.

Tinggal warga pilih tempat yang mana paling nyaman untuk menikmati buah durian bersama keluarga. Saat malam hari, pedagang durian kian ramai. Tenda-tanda diterangi sinaran lampu listrik, menjadi khas tersendiri untuk warga yang akan menikmati durian.


Pencinta Durian, Riau Saat Ini Dilanda Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom


Saat puncak musim durian bulan Januari 2020 ini, harga durian pun dibandrol bervariasi. Di Pekanbaru satu buah durian minimal antara Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu. Ini untuk ukuran durian terkecil.

Untuk ukuran sedang harganya Rp 30 ribu, untuk ukuran besar antara Rp 50 hingga Rp 75 ribu. Warga tinggal pilih durian sesuai dengan kemampuan kantongnya.

Menurut Ujang Koto pedagang durian di jalan Soekarno-Hatta bahwa duriannya berasal dari sejumlah kabupaten yang ada di Riau. Di antaranya dari Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Bengkalis dan Siak.

"Semua daerah penghasil durian lagi musim puncak. Di Riau ini ada dua kali musim panen durian dalam setahun. Ada di bulan Juli hingga Agustus dan terbesar musim durian ada di Desember hingga Januari," kata Ujang.

Menjamurnya pedagang durian ini tentunya menggoda bagi penikmatnya. Apa lagi saat musim puncak, harga durian relatif lebih murah. Tak heran, selama musim durian ini warga bersama keluarganya menikmati durian di tepi badan jalan.

Pencinta Durian, Riau Saat Ini Dilanda Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom


"Tadi malam saya bawa anak-anak makan durian, lagi musim soalnya," kata Elis Masyitoh dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (5/1/2020).

Untuk durian yang paling menggoda adalah jenis durian tembaga. Buahnya besar dan buahnya kuning rasanya manis bercampur pahit. Buah durian Tembaga ini ada di Kabupaten Siak, Bengkalis dan Rohul.

Bila pergi di kota Siak Sri Indrapura berjarak 110 Km dari Pekanbaru, pagi hari sudah banyak pedagang yang menjajakan khusus buah durian tembaga. Satu buah durian tembaga ukuran besar untuk dimakan satu rasanya mungkin sudah cukup.

"Kalau durian Tembaga yang paling besar untuk satu orang pasti berlebih. Karena khas buahnya manis bercampur pahit. Dan buah duriannya cukup tebal, pokoknya puas kalau lagi musim," kata Irving warga Siak.

Penasaran jngin menikmati silahkan berkunjung ke Riau saat musim puncak durian. Nikmati kelezatan durian tembaga masak pohon dengan harga murah.



Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak