Klarifikasi Yoshinoya Soal Larangan Makan Kue Tak Bersertifikat Halal

Riska Fitria - detikFood Jumat, 13 Des 2019 14:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah beredarnya peraturan restoran Yoshinoya tentang kue bersertifikat halal untuk perayaan pesta ulang tahun. Akhirnya pihak restoran memberikan klarifikasi.

Dalam sebuah peraturan tertulis, restoran makanan Jepang yang dikenal dengan nama Yoshinoya memiliki aturan tentang penggunaan kue ulang tahun untuk perayaan pesta ulang tahun yang dilakukan di restoran Yoshinoya. Peraturan tersebut mengatakan bahwa kue ulang tahun tersebut harus disertai fotokopi sertifikat halal.

detikcom mencoba mengkonfirmasi dengan menghubungi nomor telepon dari salah satu cabang Yoshinoya yang ada di Jakarta Selatan. Bagian dari Marketing Yoshinoya tersebut mengatakan bahwa aturan tersebut benar adanya, tetapi harus sedikit diluruskan.
Klarifikasi Yoshinoya Soal Larangan Makan Kue Tak Bersertifikat HalalFoto: Istimewa

Baca Juga : Lagi! Seperti D'Cost, Yoshinoya Juga Larang Kue Tanpa Sertifikat Halal

"Sebetulnya bukan pelarangan ya, jadi kalau mereka mau ulang tahun di Yoshinoya kita sarankan untuk membawa kue dari toko kue yang bersertifikat halal. Dengan menyertakan fotokopi sertifikat halal, atau kalau memang tidak ada ya cukup difoto aja. Kalau mereka bawa kue ulang tahun yang tidak memiliki sertifikat halal, ya gak papa dibawa aja, tapi kita akan informasikan kepada kustomer bahwa kue tersebut hanya boleh digunakan sebagai seremoni saja. Boleh dibagikan, tetapi tidak untuk dikonsumsi di restoran," ujar Sudan selaku Marketing Yoshinoya.

Lebih lanjut Sudan juga menjelaskan bahwa peraturan yang dilakukan itu berdasarkan dengan regulasi yang ditetapkan LPPOM MUI. Seperti yang diketahui bahwa restoran makanan Jepang ini sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI sejak tahun 2014 lalu.
Klarifikasi Yoshinoya Soal Larangan Makan Kue Tak Bersertifikat HalalFoto: Istimewa

"Kita juga udah tiga kali berturut-turut mendapat sertifikat halal dengan grade A. Itu grade terbaik dari MUI. Kalau restoran sudah bersertifikat halal memang ada peraturan dan regulasi dari MUI-nya sendiri bahwa tidak boleh ada makanan dari luar yang dikonsumsi di restoran," ungkapnya.

Sudan juga menegaskan bahwa aturan tersebut juga diperuntukkan demi kenyamanan dan keamanan kustomer ketika makan di restoran Yoshinoya.

Baca Juga : Penjelasan D'Cost Soal Larangan Makan Kue Tanpa Sertifikat Halal di Area Resto

Simak Video "Nikmatnya Santap Seafood Gaya Louisiana di Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)