Soto Pak Keman Solo, Soto Sapi Favorit Puan Maharani dan Gibran

Bayu Ardi Isnanto - detikFood Selasa, 03 Des 2019 13:00 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikfood Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikfood
Solo - Warung Soto Pak Keman di Jalan Yudhistira, Serengan, Solo tak terlihat mencolok. Namun uniknya, kebanyakan pelanggannya justru datang dari kalangan menengah ke atas.

Dibandingkan warung soto lainnya di Solo, warung Pak Keman ini dikenal cukup mahal, harga seporsi soto Rp 16.000. Namun apabila dilihat dari porsi dan proses memasaknya, harga tersebut bisa dibilang sepadan.

Soto bisa dipesan langsung dengan nasi atau nasinya dipisah. Porsi nasinya cukup banyak, potongan daging sapinya pun besar-besar. Isiannya sama dengan soto biasanya, ada tauge, seledri dan tomat. Kuahnya sedikit kuning kecokelatan dengan aroma gurih daging sapi yang ringan. Tambah dibubuhi apapun, kuah soto ini sudah gurih enak, apalagi dagingnya empuk.
Soto Pak Keman Solo, Soto Sapi Favorit Puan Maharani dan GibranFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikfood

Baca juga : Sluurp! Kelezatan Soto Ayam Kampung 4 Generasi yang Bikin Nagih

Putri Pak Keman, Tri Sayekti (39) menceritakan cara mengolah soto tersebut masih dengan cara tradisional. Resepnya pun turun-temurun sejak tiga generasi.

"Masaknya masih pakai kuali (panci tanah liat), kan sekarang jarang yang pakai kuali. Lalu pakai kayu bakar dan arang. Bikin bumbunya masih ditumbuk pakai lumpang. Masih tradisional," kata Tri kepada detikFood, Jumat (29/11/2019) sore.

Yang juga spesial di Warung Soto Pak Keman ialah lauk jeroan sapi, seperti kikil, paru, limpa, babat dan empal. Jeroan sapi ini diungkep dengan bumbu kemudian digoreng hingga rasanya sedikit renyah. Harganya sekitar Rp 15.000 sampai Rp 20.000.
Soto Pak Keman Solo, Soto Sapi Favorit Puan Maharani dan GibranFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikfood

Jika ingin tidak berdesakan, sebaiknya datang sore hari mulai pukul 16.30 WIB. Setelah waktu magrib, pengunjung biasanya ramai berdatangan. Saking banyaknya pengunjung bermobil, jalan di sekitar warung kerap padat merayap.

"Sehari kira-kira habis 350 porsi. Kita buka sampai pukul 22.00 WIB. Liburnya hari Senin saja," ujar Tri.

Usaha soto ini sudah turun temurun sejak 1969. Dimulai dari simbahnya Pak Keman, lalu orang tua Pak Keman, hingga kini dikelola Pak Keman. Pak Keman kini berusia 74 tahun. Pengelolaan warung kini ditangani Tri dan suaminya, Purwoko (42).
Soto Pak Keman Solo, Soto Sapi Favorit Puan Maharani dan GibranFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikfood

"Dulu tahun 1969 itu keliling. Lalu berpindah-pindah tempat di sekitar Serengan, dari Jalan Yos Sudarso, Jalan Veteran, lalu pindah ke sini pada 2008," ujar dia.

Tri menyebut tak sedikit tokoh-tokoh datang ke warungnya. Mulai dari putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, Ketua DPR Puan Maharani, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan sejumlah bupati lain. Kalau bosan soto ayam, sekali-sekali saat di Solo mampirlah ke soto pak Keman ini. Karena diracik dari daging sapi, rasanya lebih gurih mantap.

Baca juga : 5 Resep Soto Populer Jawa, dari Soto Kudus hingga Lamongan

Simak Video "Segarnya Soto Kwali Mbak Dewi dengan Isian Daging"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)