Unik! Kopi ini Terbuat dari Biji Tanaman Okra

Pradito Rida Pertana - detikFood Kamis, 05 Sep 2019 14:40 WIB
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Bantul - Minuman kopi ternyata tidak selalu berasal dari biji kopi, Di Kabupaten Bantul kopi diracik dari kombinasi biji tanaman okra dan jahe. Rasanya unik dan berkhasiat pula.

Pemilik ide pembuatan kopi dari biji okra dan jahe, Budi Santoso menjelaskan, bahwa ide membuat kopi dari biji okra muncul akhir tahun 2018. Saar itu ia melihat banyak tanaman okra yang tidak laku dijual.

"Tanaman okra ini sempat booming 3 tahun yang lalu dan harganya mahal, tapi seiring berjalannya waktu ambles, hilang dan hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku masakan," katanya saat ditemui di Rumah Mandiri Pangan, Kampung Tegal Malang RT.10, Dusun Grujugan, Desa Bantul, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Kamis (5/9/2019).

Tanaman okra sendiri, merupakan sayuran berbentuk seperti jari atau cabai besar yang sangat lunak dan berlendir. Sayuran ini punya nama ilmiah Abelmoscchus Esculentus ini tumbuh subur di negara beriklim tropis, khususnya di Ethiopia dan negara di Asia Selatan.
Unik! Kopi ini Terbuat dari Biji Tanaman OkraFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Baca juga : Begini Cara Tepat Mengolah Okra Agar Tak Berlendir

Menurutnya, bagian tanaman okra yang dapat dimanfaatkan adalah bagian daun, buah (polong) dan biji. Di Indonesia sendiri, tanaman okra kerap diolah menjadi tumisan dan trancam (urap).

"Terus saya lihat tanaman ini mudah ditemukan dan memiliki biji. Kemudian kepikiran, gimana kalau bijinya ini (okra) saya coba manfaatkan jadi kopi, karena saya berpikir semua biji-bijian bisa dibuat kopi, apalagi di Bantul belum punya kopi yang khas," imbuh Budi.

Dengan keyakinan ia mulai mencari biji okra kering untuk merealisasikan idenya tersebut. Bahkan, untuk memproduksi kopi dari biji okra Budi harus melakukan riset terlebih dahulu hingga berbulan-bulan.
Unik! Kopi ini Terbuat dari Biji Tanaman OkraFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Risetnya sekitar 7 bulan, pertama-tama itu saya coba menggiling okra dan menyeduhnya dengan air panas, ternyata baunya agak pengar (aroma kurang enak). Terus saya coba campur dengan irisan jahe saat proses sangrai dan ternyata baunya itu (pengar) bisa hilang dan saat diseduh air panas rasanya enak," katanya.

Budi yang sehari-hari berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menyebut, bahwa untuk mengolah biji okra menjadi minuman kopi terbilang cukup mudah. Hal itu karena tanaman okra banyak ditemui di Kabupaten Bantul, mengingat tanaman okra sendiri dapat tumbuh dalam jenis tanah apapun.

"Proses mengolahnya seperti membuat kopi persis itu. Jadi pertama kita ambil biji okra yang sudah tua, jangan yang masih berwarna hijau. Terus bijinya itu dijemur, kalau sudah kering disangrai sampai gosong. Nah, saat menyangrai ini ditambahkan potongan jahe dengan perbandingan 1 kilogram biji okra dicampur 1 ons potongan jahe," ujar Budi.

"Setelah (biji okra dan jahe) disangrai terus biji okra diblender, digiling dan disaring pakai penyaring agar hasilnya halus. Kalau sudah selesai langsung bisa diolah jadi minuman kopi, cepat kok prosesnya," sambung Budi.

Budi menyebut, warna bubuk hasil penggilingan biji okra menyerupai kopi bubuk pada umumnya. Sedangkan warna saat diseduh air panas juga berwarna hitam, meski tak sepekat kopi hitam pada umumnya.
Unik! Kopi ini Terbuat dari Biji Tanaman OkraFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Penasaran dengan rasa kopi dari biji okra ini, detikcom pun mencoba 1 gelas. Dari segi fisik saat disajikan, kopi ini sekilas tidak berbeda dengan kopi lainnya. Namun, kopi ini memiliki lebih banyak ampas.

Sedangkan dari warna, kopi okra cenderung berwarna cokelat tua. Dari segi rasa sendiri, kopi okra lebih didominasi rasa jahe yang kuat, mungkin hal itu yang membuat tubuh terasa hangat saat meneguknya.

Budi menambahkan, meski memiliki rasa berbeda dari kopi pada umumnya, kopi berbahan biji okra ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Bahkan, kopi tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral.

"Kopi okra ini mengandung vitamin A, B, C sampai K, untuk kandungan mineralnya ada kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Jadi kopi ini berkhasiat untuk mengobati anemia, anti kanker, mengurangi asma, menguatkan tulang, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan mata," katanya.
Unik! Kopi ini Terbuat dari Biji Tanaman OkraFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Baca juga : Ini Trik Mudah Mengolah Okra Agar Tak Berlendir

Terkait niatan untuk memproduksi massal kopi khas Bantul ini, Budi mengaku telah memproduksinya namun masih untuk kalangan terbatas. Namun, tidak menutup kemungkinan ia akan menjual kopi okra ke pasaran.

"Produksinya (kopi okra) baru untuk kalangan sendiri mas, tapi begitu banyak yang minat ya baru produksi dalam jumlah banyak. Niatnya kalau dijual ke masyarakat umum namanya Kopi Raja Okra, Raja itu singkatan Okra dan Jahe, untuk harganya per 250 gram itu rencananya Rp 25 ribu," pungkasnya.

Simak Video "Mengenal Kopi ''Ospina'' Kopi Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)