Pastry Eropa yang Populer

Lezatnya Black Forest Cake yang Klasik Legendaris di Jakarta

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Agu 2019 18:10 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta - Toko kue Sari Delicatessen yang berlokasi di Hotel Sari Pan Pasific ini punya black forest klasik super enak. Ada juga aneka roti dan pastry lainnya.

Sari Delicatessen adalah pastry shop bagian dari hotel. Toko kue ini sudah ada sejak 1976. Bukan toko mewah dengan desain modern, Sari Delicatessen justru hanya menempati ruangan mungil yang lokasinya di pojok lobby hotel.

Lampu penerangan yang remang membawa kami merasakan suasana klasik tempo dulu. Tata letak roti dan cake di sini juga tak banyak 'gaya' karena ditaruh dalam rak panjang sederhana.
Lezatnya Black Forest Cake yang Klasik Legendaris di JakartaFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Baca juga : Aneka Pastry Jerman dan Prancis Tetap Hits di Toko Roti Klasik Ini

Beberapa cake dan dessert dingin disimpan dalam show case kaca berpendingin. Kebanyakan pelanggan Sari Delicatessen membeli aneka roti dan kue untuk dibawa pulang.

Toko ini juga memang tak menyediakan tempat makan yang luas. Hanya ada dua kursi dan meja kecil yang disediakan di depan toko.

Karena tergoda dengan aneka kue Eropa yang diracik dengan resep klasik, detikFood mencoba icip-icip beberapa sajian andalannya. Kami mencoba roti, cake dan pastry yang kabarnya dibuat segar setiap hari.

Perhatian pertama kami langsung tertuju pada black forest cake yang disebut-sebut sebagai yang paling enak di Jakarta. Untuk ukuran personal, cake ini hadir dengan bentuk bulat mungil.
Lezatnya Black Forest Cake yang Klasik Legendaris di JakartaFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Serutan cokelat tipis yang tersebar di seluruh bagian cake membuat kue ini tampil sederhana layaknya black forest biasa. Terlebih lagi cake ini dilengkapi garnish sebuah manisan cherry merah.

Saat dicicip, cake ini terdiri dari lapisan sponge cake cokelat, butter cream dan banyak manisan cherry hitam. Paduan rasa manis cream, asam cherry dan pahit legit khas cokelat menyatu sempurna.

Ajaibnya, meskipun mengandung banyak cream tapi cake ini tak menyisakan rasa eneg dan lengket di mulut. Apalagi manisan cherry asal Jerman pada kue ini disajikan berlimpah.

Ternyata rahasianya adalah penggunaan bahan baku yang 80 % diimpor dari luar negeri. Sari Dalicatessen ini memang mendatangkan bahan-bahan dairy seperti susu dan butter dari New Zealand dan Australia. Sementara cokelatnya didatangkan dari Prancis.

Selain black forest, toko kue ini juga punya opera cake, mix fruit cheese, red velvet dan tiramissu. Belum lagi varian rotinya yang beragam mulai dari french bread hingga roti-roti manis gaya klasik.
Lezatnya Black Forest Cake yang Klasik Legendaris di JakartaFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Baca juga : 5 Bakery Ini Masih Menjual Kue dan Roti Eropa yang Klasik Enak

Oiya, kalau ke Sari Delicatessen jangan lewatkan mencicip butter croissant yang harum dan lembut. Croissantnya dibentuk melengkung ujungnya seperti tapal kuda. Ini menunjukkan kalau olahan puff pastry ini masih memegang konsep Prancis klasik. Berbeda dengan croissant kekinian yang bentuk ujungnya hanya lurus.

Soal harga, toko kue ini mematok harga kue yang tak terlalu tinggi. Untuk ragam cake slice harganya mulai Rp 37 ribu hingga Rp 49 ribuan. Untuk croissant dibanderol Rp 22 ribu sementara untuk roti punya harga yang disesuaikan dengan ukuran.

Kalau mau mencicip kue Eropa klasik, enak dan terjangkau bisa mampir ke Sari Delicatessen.

(dvs/odi)