Cukup Rp 8.000 Bisa Nikmati Mie Ayam Rica-rica yang Mantul Ini

Atika Lulu Zahra - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 10:30 WIB
Foto: Atika Lulu Zahra/detikfood Foto: Atika Lulu Zahra/detikfood
Yogyakarta - Bosan dengan mie ayam yang gurih polos biasa? Coba jajan mie ayam dengan siraman kuah kental yang gurih pedas ini. Dijamin bakal ketagihan!

Menu yang ditawarkan Warung Mie Ayam Rica-Rica Barokah Pak Sis tidak hanya mie ayam rica-rica saja. Tapi bagi Anda yang ingin menyantap mie ayam jawa seperti pada umumnyan pun tersedia di sini. Di sini pengunjung dapat meminta porsi jumbo bila porsi biasa kurang banyak atau kurang mengenyangkan.

Awalnya warung Mie Ayam Pak Sis yang berlokasi di Jl. Soragan, Yogyakarta hanya menjual mie ayam biasa. tetapi sejak setahun belakangan orang mulai ketagihan mie ayam rica-rica yang dijualnya.
Cukup Rp 8.000 Bisa Nikmati Mie Ayam Rica-rica yang Mantul IniFoto: Atika Lulu Zahra/detikfood

Baca juga : Mie Bangka atau Yamien Enak Bisa Diracik Sendiri

"Ya ini awalnya cuma mie ayam biasa terus mulai ada mie ayam rica-rica sejak setahun lalu, ya berarti dari tahun 2018 lah," ujar Heri Siswanto pemilik dari Mie Ayam Rica-Rica ini.

Detikfood mencicipi mie ayam rica-rica untuk membuktikan kelezatannya. Apalagi warung ini selalu dipadati penggemar mie ayam. Ternyata penyajian Mie Ayam Rica-Rica ini sedikit berbeda seperti mie ayam Jawa pada umumnya.

Mie dan potongan sawi disiram dengan kuah kental kecokelatan. Aroma gurih ayam dan rempah tercium kuat. Kalau melihat tampilannya mirip kuah sate Padang. Di dalam kuah kentalnya ada potongan ayam yang tidak terlalu banyak. Dilengkapi dengan dua potong kulit pangsit.

Meski namanya memakai 'rica-rica' janganlah membayangkan bumbu rica khas Manado yang memakai cabai merah ditumbuk kasar. Tetapi rasa kuah kental ini lebih mirip gule Jawa. Ada jejak merica, bawang, kunyit dan rempah lainnya.

Untuk menyantapnya paling enak diaduk rata supaya seluruh kuah kental tercampur rata dengan mienya. Kalau ingin lebih pedas bisa ditambah dengan sambal.

Meskipun terasa pedas tapi ada jejak rasa manis yang ringan. Bisa jadi ini karena menyesuaikan lidah warga Yogya. kami menduga nama rica-rica ini dikaitkan dengan pemakaian merica atau lada yang dominan dalam bumbu hingga rasa pedas panasnya menyengat.
Cukup Rp 8.000 Bisa Nikmati Mie Ayam Rica-rica yang Mantul IniFoto: Atika Lulu Zahra/detikfood

Tekstur mie yang mulur lembut makin enak dengan balutan saus yang kental pedas manis. Renyahnya kulit pangsit membuat mie ayam ini jadi makin mantap.

Bagi penyuka rasa pedas sangat cocok untuk mencicipi hidangan mie ayam ini. Namun orang yang kurang suka rasa pedas bisa meminta kuah rica-rica dikurangi.

"Enak sih. Kuahnya enak, terus apalagi yang porsi jumbo itu wow. Dan harganya juga terjangkau," ujar Aan salah satu pengunjung di Mie Ayam Rica-Rica.
Cukup Rp 8.000 Bisa Nikmati Mie Ayam Rica-rica yang Mantul IniFoto: Atika Lulu Zahra/detikfood

Harga yang ditawarkan Warung Mie Ayam Rica-Rica Pak Sis tergolong terjangkau untuk semua kalangan. Cukup membayar Rp 7.000 untuk mie ayam biasa, Rp 8.000 untuk mie ayam rica-rica porsi sedang dan Rp 9.000 untuk mie ayam rica-rica porsi jumbo.

Kedai Mie Ayam Rica-Rica Barokah berada di sebelah barat kota Yogyakarta tepatnya di tepi Jalan Soragan. Posisinya persis di depan Jalan Godean, tidak jauh dari Simpang Munggur. Mie ayam sudah tersedia mulai pukul 09.30 hingga sore atau hingga habis.

Baca juga : Racikan Rasa Lokal Mie Ayam Gerobak

Simak Video "Unik! Mie Ayam Disajikan dalam Kelapa Muda Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)