Kuliner Mudik dan Lebaran

Potong Daging Sebesar Ini Jika Akan Dimasak Rendang

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 02 Jun 2019 09:46 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Karena dimasak dalam waktu lama, sebaiknya ketahui ukuran potongan daging rendang. Kira-kira satu kilogram daging dapat berapa potong rendang, ya?

Rendang selalu jadi suguhan istimewa di Hari Raya. Jika Anda jarang atau bahkan belum pernah membuat rendang, pastikan Anda memasaknya dengan benar.

Potong Daging Sebesar Ini Jika Akan Dimasak RendangFoto: detikfood

Sebab banyak orang yang masih bingung soal perbedaan antara kalio dan rendang. Alih-alih membuat rendang, sajian dibuat sebenarnya adalah kalio.

Sesuai namanya, randang berasal dari kata 'marandang' yaitu proses memasak untuk menghilangkan air. Dengan begitu tampilan rendang tidak lagi berkuah, tapi justru kering dengan minyak naik dan tak ada air.

"Kalio itu masih ada airnya, masih ada kuahnya karena proses merendang itukan menghasilkan air. Kalau dia udah jadi rendang artinya dia udah nggak ada airnya lagi," jelas pakar kuliner Minang, Uni Reno Andam Suri pada detikFood (30/5/2019).

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Beli Daging Sapi untuk Rendang

Potong Daging Sebesar Ini Jika Akan Dimasak RendangFoto: iStock

Berbeda dengan rendang, daging kalio tidak sepadat jika daging dimasak hingga menjadi rendang. Karenanya butuh waktu berjam-jam untuk memasak rendang.

"Biasanya masyarakat Minang bikin rendang nggak sekilo dua kilo daging. Proses marandangnya sendiri biasa disebut 2 hari. Karena hari pertama dimasak sampai kalio. Besoknya dilanjutkan lagi hingga menjadi rendang. Makanya disebut masak dua hari. Tapi kalau nonstop sekitar 8 jam," jelas wanita kelahiran Payakumbuh itu.

Potong Daging Sebesar Ini Jika Akan Dimasak RendangFoto: detikFood/iStock

Dengan waktu masak selama itu, sebaiknya Anda mengetahui seberapa besar ukuran potongan daging jika ingin diolah menjadi rendang. Sebab daging yang tadinya berukuran besar akan menciut jika dimasak dalam waktu lama.

Menurut Uni Reno, satu kilogram daging biasa dipotong menjadi 18 hingga 20 potong. "Rata-rata 18 sampai 20 potongan per satu kilogram daging. Biasanya potongannya sebesar 50-70 gram," pungkasnya.

Baca juga: Resep Daging: Rendang Padang (dwa/odi)