Asam Pedas Segar, Asinan Buah dan Sayur Lengkap di Kedai Legendaris Ini

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 27 Mei 2019 17:00 WIB
Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Manjakan lidah dengan asinan buah dan sayur lengkap berkuah asam segar di kedai asinan Bogor legendaris. Lokasinya ada di Jalan Suryakencana, Bogor.

Asinan Bogor berkuah asam pedas bisa jadi menu berbuka yang menyegarkan. Mau asinan buah atau pun sayur, keduanya sama-sama bisa manjakan selera. Apalagi kalau dibeli di tempat legendaris seperti kedai asinan yang terkenal di Gang Aut, Bogor seperti Asinan Ahauw.

Asam Pedas Segar, Asinan Buah dan Sayur Lengkap di Kedai Legendaris IniFoto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Kabarnya gerai asinan yang kini berada di Jalan Suryakencana itu sudah dibuka sejak tahun 1970-an. Karenanya jika bicara soal rasa, Asinan Ahauw sudah dipastikan sedap dan punya banyak penggemar.

Dahulu kedai asinan ini berlokasi di Gang Aut yang ada di Jl. Suryakencana. Kini menempati ruko kecil, Asinan Ahauw menjual asinan buah dan sayur dengan harga yang sama, yakni sebesar Rp 26.000 per porsi. Keistimewaan asinan di sini terletak pada kelengkapan buah dan sayuran yang digunakan.

Asam Pedas Segar, Asinan Buah dan Sayur Lengkap di Kedai Legendaris IniFoto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Untuk asinan buah, terdapat 8 macam buah yang bisa Anda pilih. Mulai dari ubi, bengkuang, pepaya, kedondong, salak, buah menteng, mangga, nanas. Anda pasti bisa langsung melihat kedelapan buah ini karena diletakkan dalam stoples-stoples tepat di bagian depan kios.

Ditaruh di dalam wadah plastik ukuran besar, kedelapannya berdampingan dengan irisan sayuran seperi kol hingga tauge.

Baca juga: Asam Pedas 5 Asinan Bogor yang Bisa Bikin Merem Melek

Usai memesan, sang pramusaji dengan cekatan akan langsung mengambil aneka buah potong di sana dan menuangkannya langsung ke dalam piring. Setelahnya, ia akan beralih ke bagian dalam kios untuk menuangkan sedikit garam, kuah cokelat yang terbuat dari gula Jawa, dan cuka merah. Kemudian barulah asinan diberi taburan kacang tanah.

Asam Pedas Segar, Asinan Buah dan Sayur Lengkap di Kedai Legendaris IniFoto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Hmmm.. Aroma asam semilir pedas dari cuka cabainya semerbak membuat asinan buah ini terlihat lebih menggoda. Sluurp! Rasa kuahnya asam segar dengan semburat rasa gurih asin yang khas.

Begitu kami gigit, tiap buah memiliki terktur yang renyah. Penyuka buah masam pasti suka dengan irisan mangga dan buah mentengnya. Kehadiran kacang tanah gorengnya makin menyemarakkan rasa.

Anda juga bisa manjakan selera dengan asinan sayurnya yang tak kalah segar enak. Sama seperti asinan buah, asinan sayur di sini tergolong lengkap. Isiannya berupa sayur asin, toge, kol, lobak, mentimun, daun antanan, dan oncom bakar.

Asam Pedas Segar, Asinan Buah dan Sayur Lengkap di Kedai Legendaris IniFoto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Saat ini, penggunaan daun antanan dalam asinan terbilang langka. Daun ini sendiri dipercaya ampuh cegah sakit perut. Oh ya, jika menurut Anda rasa asinan di sini tak terlalu pedas, cukup tambahkan sambal yang disediakan pihak Asinan Hauw.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba asinan buah dan sayur legendaris ini?

Baca juga: Asinan Kamboja : Ini Dia Asinan Sayur dan Buah Khas Betawi Legendaris Punya Haji Mansyur


(dwa/odi)