Di Sini Ada Itik Lado Ijo dan Nasi Bakar Kecombrang Sedap Untuk Berbuka Puasa

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 17 Mei 2019 12:07 WIB
Foto: Mandarin Oriental Jakarta Foto: Mandarin Oriental Jakarta
Jakarta - Makanan tradisional paling mantap buat berbuka. Ada itiak lado mudo khas Bukittinggi, rujak juhi Betawi hingga sup Konro Makassar di restoran ini.

Bulan puasa tahun ini restoran Cinnamon yang terletak di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, membawa menu makanan tradisional populer, dari beberapa daerah di Indonesia selama bulan ramadhan lewat tema 'A Taste of Nusantara'.

"Tahun ini Cinnamon ingin menghadirkan makanan khusus Indonesia. Sekaligus untuk mempromosikan hidangan lokal, sehingga kita coba gali lagi untuk ramadhan kali ini," jelas Chef Ciptoroso selaku Chef de Cuisine Mandarin Oriental Jakarta, kepada detikFood (17/05).

Baca Juga: Serba Klasik, Pastry Chef Sajikan Fruitcake Hingga Stollen Bread
Foto: Mandarin Oriental Jakarta
Untuk menu prasmanan yang di highlight pada 'A Taste of Nusantara' ada hidangan dari Padang, Betawi, Sunda, Jawa, dan Makassar. Semua menu ini akan dirotasi selama lima hari, jadi para pengunjung tidak cepat bosan.

Di menu pembuka Cinnamon menghadirkan Rujak Juhi khas Betawi, yang diisi dengan sayuran dan cumi kering yang enak. Kemudian ada siomay Bandung dengan rasa ikan tenggiri yang terasa. Lalu ada juga aneka pempek khas Palembang, yang siap jadi teman berbuka puasa. Tak ketinggalan Tahu Gejrot manis pedas dari Cirebon.

Sementara menu hidangan yang direkomendasikan ada Itik Lado Ijo, hidangan yang satu ini datang dari Bukittinggi, di Sumatera Barat. Ciri khasnya terletak pada kari bebek dengan cabai hijau yang pekat, tekstur daging bebeknya empuk dan tidak alot. Dipadukan dengan sambal hijau yang harum dan pedas.
Foto: Mandarin Oriental Jakarta
Lalu dari tanah Jawa, ada hidangan Bakso Malang khas Jawa Timur. Semangkuk bakso Malang ini disajikan dengan pangsit goreng, pangsit rebus, bakso sapi, dan tahu bakso. Kuah kaldunya bening dan ringan, tapi tidak mengurangi rasa gurihnya.

Bagi penggemar iga, Cinnamon juga menyajikan Iga Konro premium yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Potongan iga bakar yang besar, berpadu dengan bumbu konro dan daging juicy. Tentunya hidangan ini tak lengkap tanpa kehadiran Nasi Bakar Kecombrang khas Sunda, nasi berbumbu yang satu ini punya rasa daun kecombrang yang khas dengan aroma panggangan dari daun pisang.
Foto: Mandarin Oriental Jakarta
Jangan kenyang dulu, karena di menu penutup ada belasan Jajanan Pasar seperti Talam Ubi, Nagasari, Putu Ayu, hingga serabi kuah yang dilengkapi dengan Kolak Pisang dan Es Kacang Merah Segar. Tersedia juga racikan jamu yang baik untuk kesehatan.

Selain hidangan nusantara, paket buffet ini juga dilengkapi dengan seafood bar, live carving stations, serta area BBQ yang bisa dinikmati sepuasnya. Semua menu ini tersedia selama bulan ramadhan, dengan harga Rp 428.000++ per orangnya. Tersedia juga penawaran spesial untuk acara buka puasa bersama. Untuk informasi dan reservasi, bisa hubungi (021) 2993 8823 atau email mojkt-cinnamon@mohg.com.

Baca Juga: Masakan Kanton dengan Sentuhan Kelas Bintang Michelin Disajikan di Restoran Ini

(sob/odi)