Cicip 'Sashimi' Khusus untuk Raja Tapanuli di Atas Bulu Babi

Mustiana Lestari - detikFood Minggu, 28 Apr 2019 20:30 WIB
Foto: Mustiana Lestari/detikcom Foto: Mustiana Lestari/detikcom
Ubud - Kuliner kerajaan di Indonesia masih belum banyak terekspos dan diketahui masyarakat, salah satunya adalah Naniura.

Naniura adalah ikan mas mentah yang disajikan dengan bumbu naniura.

"Otentiknya itu pakai ikan mas dan dengan bumbu dari lada andaliman, bawang merah, bawang putih, galangal, kecombrang dimakan sama ikan mentah," kata Chef Adhitia Julisiandi dari chef de cuisine di Ubud Food Festival presented by ABC, Minggu (27/4/2019).

Chef Adhit mengatakan meski dulu menjadi makanan eksklusif untuk raja Tapanuli namun seiring perkembangan zaman, makanan tersebut bisa disantap rakyat jelata, bahkan dikreasikan dan dimodifikasi dengan bahan lain.


Salah satu kreasi disajikan Chef Adhit dengan mengganti ikan mas jadi salmon, bunga kecombrang rebus jadi granita/es, serta erchin untuk memperkuat rasa ikan.

"Saya juga pakai limo itu untuk keasaman. Keasamananya perfect buat ikan kenapa musti pakai limo? supaya ada keasamannya yang diperluin buat makan ikan karna kalau ga, bakteri bakal berkembang," tambah Chef Adhit yang bekerja di Hotel Four Season Jakarta ini.

Chef Adhit juga tetap menggunakan lada andaliman yang merupakan lada khas Sumatera dengan tingkat pedas yang meninggalkan after taste rasa pahit.

"Kita juga pakai acar karena saya mau ada kombinasi semuanya, ada dingin, ada gurih manis, asam, kombinasi perfect jadi kresnya juga ada dari kulit salmon yang digoreng jadi gak lembut aja tapi ada garingnya," lanjut Chef Adhit.

Cicip 'Sashimi' Khusus untuk Raja Tapanuli di Atas Bulu BabiFoto: Mustiana Lestari/detikcom

Resep yang dinamai The New Modern Naniura ini membuktikan bahwa Indonesia mempunyai makanan berkelas seperti sashimi.

"Masakan ini jadi favorit karena unik. Orang itu kan tahunya ikan mentah ada di Jepang padahal Indoensa kayak kita punya juga sashimi yang belum diekspos kemana-mana," lanjut dia.

Sebagai informasi untuk resep naniura versi Chef Adhit tergolong mudah. Dengan mencampurkan berbagai kombinasi bahan. Untuk bumbu seperti bawang merah, bawang putih digoreng dan dihaluskan bersama kunyit dan lada. Kemudian ditumis. Sementara bunga kecombrang direbus lalu digranita.


Lalu bahan utama berupa tuna diberi bumbu dan daun bawang. Jangan lupa ditambahkan garam, limo dan jeruk nipis Lalu digulung di dalam plastik dan didiamkan selama 5 sampai 10 menit di dalam kulkas.

Jika sudah bentuk padat dan shapenya bagus dipotong kecil-kecil disajikan di atas bulu babi. Jangan lupa ditambahkan acar, caviar, keripik kulit salmon dan pemanis hidangan lainnya lainnya. Naniura pun siap disantap. Mudah bukan? (mul/ega)