Legit Manis Durian Medan di Kios Acin Langganan Ahok

Devi Setya - detikFood Kamis, 07 Feb 2019 17:10 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Durian Medan yang manis legit dan berdaging tebal bisa dinikmati di Jakarta. Datang saja ke kedai Durian Acin yang sudah lama jadi langganan Ahok.

Ada pemandangan menarik saat melintas di kawasan Mangga Besar, Jakarta. Banyak aneka kuliner antimainstream di sini. Mulai dari makanan ekstrem seperti ular dan biawak, hingga durian Medan yang harumnya semerbak.

Kami singgah di salah satu kios durian yang paling nyentrik yakni kios Acin. Kios ini berani mengklaim sebagai kios durian pertama di kawasan Mangga Besar. "Pertama di Mangga Besar," begitu tulisan di spanduk berwarna kuning terang ini.

Legit Manis Durian Medan di Kios Acin Langganan Ahok Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Baca juga : Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang Viral

Pemiliknya langsung mempersilahkan kami duduk, sore tepat pukul 17.00 tampaknya kami adalah pelanggan pertama. Beberapa pegawai masih sibuk menata durian di meja depan kios.

Kios beratap tenda ini memang baru mulai buka sore hingga dini hari. Mumpung masih sepi, kami leluasa memilih durian.

Kami disuguhi tiga butir durian sekaligus, ketiganya memiliki karakter rasa yang berbeda. Satu durian punya rasa manis lembut, satu durian memiliki rasa manis tajam dengan sedikit semburat rasa pahit serta satu durian memiliki rasa manis cenderung asam.
Legit Manis Durian Medan di Kios Acin Langganan Ahok Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Meskipun rasa durian ini saling berbeda, tapi ketiganya memiliki aroma kuat dan berdaging tebal. Ukuran durian memang kecil-kecil bahkan dalam satu baris bisa berisi hingga 5 biji durian.

Durian di sini dipatok dengan harga beragam mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 100 ribu. Harga ini tergantung ukuran dan kualitas buah durian itu sendiri.

Seorang pegawai menginformasikan pada kami kalau kios ini sudah ada sejak 25 tahun yang lalu. Dahulu hanya ada satu kios namun sekarang ada tiga kios yang seluruhnya berada di Jalan Mangga Besar.

Pegawai ini juga mengatakan, salah satu pembeli langganannya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. "Iya dulu Pak Ahok sering ke sini. Makan di sini, sekarang nggak lagi kan ditahan. Paling saudaranya atau kerabatnya mampir," kata satu pegawai.

Saat bebas dari masa tahanannya pun, Ahok mengatakan ingin makan durian yang dibeli dari kios Acin ini. Ia meminta pada Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi untuk dibawakan durian yang dibeli dari kios Acin ini.
Legit Manis Durian Medan di Kios Acin Langganan Ahok Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Saking seringnya Ahok mencicip durian di kios ini, para pegawai yang bertugas melayani durian pun hafal dengan selera mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

"Kalau Pak Ahok sukanya yang manis pahit tapi ada sedikit asamnya. Itu dia suka," kata pria ramah ini sambil merapikan durian.

Karena sudah lama berjualan, kios ini tampaknya yang paling banyak disambangi. Semakin malam semakin ramai, pengunjung yang datang juga dari kalangan keluarga, anak muda hingga orang tua.

Pemiliknya, Koh Acin menjamin semua durian yang dujual pasti manis. Ia bahkan memberi garansi 100 persen untuk durian yang ia jual.

"Kalau nggak enak, minta tukar saja. Kalau nggak suka bilang, biar diganti duriannya," kata Koh Acin.
Legit Manis Durian Medan di Kios Acin Langganan Ahok Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Baca juga : Pencinta Durian? Kalau ke Medan Wajib Mampir ke 2 Tempat Ini!

Jaminan kualitas durian ini yang membuat para pelanggannya ingin selalu balik lagi. Selain bisa makan di tempat, kios ini juga menyediakan layanan take away. Durian bisa dipilih sesuai selera lalu dikemas dalam wadah styrofoam untuk dibawa pulang.

Dalam sehari tiga kios milik Koh Acin ini bisa menjual hingga 500 butir buah durian. Jumlahnya akan berkalilipat saat akhir pekan. (dvs/odi)