Dari Singapura, Steak Hingga Baked Rice Charcoal Hadir di Jakarta

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 18 Jan 2019 14:30 WIB
Foto: COLLIN'S ID - detikFood
Jakarta - Di COLLIN'S para pengunjung akan disuguhkan dengan aneka hidangan grill. Teksturnya yang empuk dinikmati dengan baked rice yang dimasak dengan api arang.

COLLIN'S merupakan salah satu restoran terkenal di Singapura yang hadir di Jakarta dengan konsep baru. Pertama kali berdiri tahun 2012 di Singapura, restoran COLLIN's resmi membuka gerai pertama mereka di Indonesia, yang terletak di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Api Arang untuk BBQ Bisa Dibuat dengan 5 Trik Ini
Gara-gara Pola Makan Tak Sehat, 2.000 Batu Empedu Bersarang di Perut Wanita IniFoto: COLLIN'S ID
Restoran ini didirkan oleh Collin Ho, salah satu chef terkenal di Singapura. Ia telah berkarir dibidang kuliner lebih dari 20 tahun.

"Menu makanan di sini memang lebih ke Western, tapi tetap dengan sentuhan kuliner Asia. Jadi kami sangat senang bisa membuka gerai pertama di Jakarta, di Singapura sendiri ada 6 gerai COLLIN'S," tutur Chef Collin kepada detikFood, dalam acara peresmian COLLIN'S Jakarta (17/01).

"Meski tak mudah memang, tapi tujuan kami membawa COLLIN'S ke Indonesia karena kami ingin memperkenalkan hidangan unik yang dimiliki COLLIN'S lengkap dengan sentuhan Indonesia," lanjutnya.
Gara-gara Pola Makan Tak Sehat, 2.000 Batu Empedu Bersarang di Perut Wanita IniFoto: detikFood
Dengan aneka menu yang rata-rata menggunakan metode panggang atau grill. Chef Collin sengaja menghadirkan inovasi di sini. Ia hanya menggunakan api arang untuk memanggang semua hidangan steak, ayam, sosis, hingga bebek.

"Kami di sini konsepnya semi open kitchen dan kami hanya menggunakan api arang atau charcoal saja dalam memasak. Kami tidak menggunakan oven. Jadi tidak ada asap, tidak ada bau. Selain itu rasa daging dan makanan jauh lebih enak serta teksturnya lebih bagus. Tentunya lebih sehat jika dimasak menggunakan charcoal," ungkap Chef Collin yang mengelola lebih dari 20 restoran di tangannya.

Untuk menghadirkan hidangan autentik dari COLLIN'S di Singapura, Chef Collin sengaja membawa semua menu yang ada di Singapura ke gerainya di sini. Tentunya dengan sedikit penyesuaian dan selera orang Indonesia.

"Kalau di Singapura, kita tidak menggunakan nasi. Tapi kalau di Indonesia, kita tambahkan menu nasi sebagai pelengkap lalu juga kita tambahkan aneka sambal. Karena orang Indonesia sangat suka sambal dan makanan pedas," lanjut Chef Collin.
Gara-gara Pola Makan Tak Sehat, 2.000 Batu Empedu Bersarang di Perut Wanita IniFoto: COLLIN'S ID
Selain menambahkan aneka sambal dan nasi di dalam menunya. Chef Collin juga menghadirkan hidangan spesial yaitu Crispy Duck Confit yang terinspirasi dari hidangan bebek goreng khas Bali.

"Menu baru dengan sentuhan Indonesia di sini ada Crispy Duck Confit, jadi bebek diolah dengan metode slow-cooked. Sehingga teksturnya krispy di luar dan empuk di dalam. Lalu kita sajikan dengan sambal matah sebagai pelengkapnya," pungkas Chef Collin.

Selain aneka menu grill yang dipanggang dengan api arang. Chef Collin juga memiliki menu andalan lainnya yaitu aneka baked rice yang disajikan di atas pot tanpa asap yang sebelumnya di masak di atas arang menyala.

"Setelah ini, kami berencana untuk membuka dua gerai COLLIN'S lainnya di Indonesia. Sekaligus menarik chef muda berbakat yang bisa berkerja sama dengan COLLIN'S," jelas sang chef.

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib Konsumsi Bubuk Arang, Bisa Turunkan Kolesterol Juga (sob/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com