5 Manfaat Ajaib Konsumsi Bubuk Arang, Bisa Turunkan Kolesterol Juga

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Nov 2018 19:25 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Jangan heran kalau belakangan ini banyak tren kuliner berwarna hitam yang dibuat dengan tambahan bubuk arang. Selain nyentrik, arang juga punya banyak manfaat.

Pernah lihat atau menyantap langsung makanan berwarna hitam yang mengandung bubuk arang? Itu tandanya Anda sudah mengasup makanan sehat karena bubuk arang punya banyak manfaat.

Dikabarkan BoldSky (23/11) bubuk arang dahulu banyak dimanfaatkan untuk membersihkan gigi tapi sebenarnya, banyak juga manfaat lainnya. Beberapa manfaatnya yakni menjadi detoks alami hingga menurunkan kolesterol.

1. Sebagai pengusir racun
5 Manfaat Ajaib Konsumsi Bubuk Arang, Bisa Turunkan Kolesterol Juga Foto: Istock
Bubuk arang bisa membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Bubuk arang banyak dimanfaaatkan untuk mengobati orang yang menderita keracunan. Karbon pada arang ini membantu mengikat zat racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Inilah sebabnya banyak makanan mengandung bubuk arang yang dipromosikan sebagai zat detoksifikasi. Konsumsi makanan yang mengandung bubuk arang terbukti bisa mengurangi kadar racun dalam tubuh. Wah perbanyak makan makanan kekinian yang berwarna hitam ya.

Baca juga : Bubuk Arang Aktif Kini Populer Sebagai Bahan Penyerap Racun Tubuh

2. Untuk memutihkan gigi
5 Manfaat Ajaib Konsumsi Bubuk Arang, Bisa Turunkan Kolesterol Juga Foto: Istock

Meskipun warnanya hitam, tapi bubuk arang ternyata terbukti ampuh untuk memutihkan dan membersihkan gigi. Masalah gigi kuning bisa dengan mudah diatasi dengan konsumsi makanan yang mengandung bubuk arang.

Bubuk arang bersifat antivirus, antibakteri dan antijamur yang perlahan membersihkan permukaan gigi yang bermasalah. Beberapa daerah seperti di Asia dan Afrika bahkan menggunakan bubuk arang sebagai campuran dalam pasta gigi.

3. Untuk Membersihkan Kulit
5 Manfaat Ajaib Konsumsi Bubuk Arang, Bisa Turunkan Kolesterol Juga Foto: Istock

Bubuk arang juga terbukti bisa membersihkan kulit. Bulir bubuk arang menarik mikropartikel seperti debu, racun, bahan kimia dan kotoran di permukaan kulit.

Aplikasikan bubuk arang sebagai campuran pada sabun atau masker wajah. Gosok perlahan lalu bilas dengan air bersih.

4. Menurunkan kolesterol

5 Manfaat Ajaib Konsumsi Bubuk Arang, Bisa Turunkan Kolesterol Juga Foto: Istock

Sebuah penelitian mengungkap jika bubuk arang bisa mengurangi kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Kolesterol yang dikurangi adalah kolesterol jahat.

Penelitian ini juga mengungkap kadar kolesterol jahat yang efektif berkurang sebanyak 41 persen sementara kolesterol baik mengalami peningkatan hingga 8 persen.

Baca juga : Croissant Hitam Pakai Bubuk Arang Kini Mengundang Kontroversi

5. Mengurangi Kembung dan Perut Bergas
5 Manfaat Ajaib Konsumsi Bubuk Arang, Bisa Turunkan Kolesterol Juga Foto: Istock
Kalau mengalami perut kembung, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung bubuk arang. Zat berwarna hitam ini ampuh mengurangi kandungan gas dalam perut dan membantu membuat perut terasa nyaman.

Bubuk arang berfungsi mengikat gas dan memudahkan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan American Journal of Gastroenterology menunjukan bukti konkret soal pengurangan gas sebagai dampak positif konsumsi bubuk arang.

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com