Kriuk Renyah Keripik Usus Pepaya yang Gurih Enak

Erliana Riady - detikFood Senin, 03 Des 2018 10:00 WIB
Foto: Erliana Riady/detikfood Foto: Erliana Riady/detikfood
Blitar - Keripik usus tapi berbahan dasar buah pepaya. Camilan ini bisa jadi alternatif pilihan bagi kaum vegetarian, atau yang ingin ngemil sehat.

Disebut keripik usus, karena tampilannya memang mirip seperti usus yang dibalur tepung, lalu digoreng. Rasanyapun, tak jauh beda dengan keripik asli usus ayam.

Adalah Anis Rohmawati, pengusaha kripik buah warga Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar yang punya inovasi ini. Melihat beberapa temannya yang menghindari keripik usus karena berkolestrol tinggi, idenya pun muncul.
Kriuk Renyah Keripik Usus Pepaya yang Gurih EnakFoto: Erliana Riady/detikfood
Baca juga : Yuk Buat Gohu dari Pepaya Muda yang Pedas Segar

"Saya racik bahan seperti bikin keripik usus. Lalu saya cari buah apa yang tekstur dan rasanya mendekati seperti usus. Akhirnya ketemulah pepaya mengkal. Saya coba buat beberapa kali, sampai tahu proses pembuatannya yang tampilannya bagus," tutur wanita cantik 45 tahun itu ditemui detikcom di tempat usahanya, Sabtu (30/11/2018).

Proses pembuatan kripik usus pepaya memang butuh waktu lebih lama daripada kripik usus yang asli. Pepaya mengkal, diiris tipis-tipis lalu dicuci pakai air panas untuk menghilangkan getahnya. Kemudian dijemur sampai kering. Jika cuaca panas terik, penjemuran memakan waktu sampai dua hari.
Kriuk Renyah Keripik Usus Pepaya yang Gurih EnakFoto: Erliana Riady/detikfood


Setelah benar-benar kering, irisan pepaya harus direndam dalam air mendidih, dibiarkan sampai empuk. Baru dicampur dengan bumbu yang dihaluskan, yakni ketumbar, bawang putih, garam, penyedap rasa yang dicampur telur.

Baca juga : Kalau Pepaya Diberikan Dalam 5 Olahan Menarik Ini Pasti si Kecil Melahapnya
Kriuk Renyah Keripik Usus Pepaya yang Gurih EnakFoto: Erliana Riady/detikfood
"Kalau bumbunya dirasa sudah meresap, baru dibalur dengan tepung. Yakni tepung terigu, tepung beras, tepung maizena dan tepung kanji lalu digoreng," jelasnya.

Untuk menikmati keripik usus pepaya ini, cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu dalam kemasan 150 gr. Keripik usus pepaya ini bisa didapat di toko oleh-oleh di Blitar, Tulungagung, Malang, Surabaya, Yogya, Bali dan Kalimantan.



Saksikan juga video 'Suka Makan Snack? Cobain Deh Keripik Usus Pepaya':

[Gambas:Video 20detik]


Kriuk Renyah Keripik Usus Pepaya yang Gurih Enak



(dvs/odi)