Mau Tahu Sejarah dan Belajar Bikin Rendang? Datang Saja ke 'Nusantara Marandang'

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 30 Nov 2018 14:30 WIB
Foto: detikFood/iStock Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Selama 4 tahun, rendang menempati posisi pertama makanan terlezat di dunia. Namun, banyak yang belum tahu mengenai kekayaan dan filosofi rendang sebenarnya.

Berasal dari Sumatera Barat, rendang dulunya hanya disajikan di acara tertentu, seperti acara adat, atau di hari raya. Tapi semakin berkembangnya waktu, rendang kini menjadi makanan global yang tak hanya populer di Indonesia, tapi hingga mancanegara.

Baca Juga: Lamak Bana Rendang dari Ranah Minang yang Diakui Dunia
Mau Tahu Sejarah dan Belajar Bikin Rendang? Datang Saja ke 'Nusantara Marandang'Foto: detikFood/iStock
Melihat fenomena ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akhirnya membuat festival 'Nusantara Marandang'. Dengan tujuan memperkenalkan serta memajukan kuliner Indonesia, kepada masyarakat Indonesia dan wisatawan asing.

"Nusantara Marandang merupakan salah satu acara yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, untuk kembali memperkenalkan rendang dengan nilai luhur, historis, hingga budaya dari randang itu sendiri," ungkap Andre Setiawan selaku Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat kepada detikFood (29/11).

Andre juga menuturkan bahwa rendang memiliki nama asli randang. Sementara banyak yang belum tahu bahwa marandang, merupakan proses pengolahan daging sapi hingga menjadi hidangan rendang yang membutuhkan waktu lama.
Mau Tahu Sejarah dan Belajar Bikin Rendang? Datang Saja ke 'Nusantara Marandang'Foto: detikFood/iStock
"Lewat momentum kepopuleran rendang di dunia, kami ingin memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan rendang itu seperti apa. Ada lebih dari 400 jenis rendang di Indonesia, dan rendang memiliki filosofinya sendiri. Jadi rendang ini tidak hanya sekedar makanan saja, itu yang kami ingin tunjukkan di festival Nusantara Marandang ini," lanjut Andre.

Festival ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Pihak Kemenpar sangat mengapresiasi usaha Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk memajukan kuliner Indonesia lewat rendang.

"Kami sangat mendukung festival Nusantara Marandang ini. Karena 90% restoran Indonesia di luar negeri, selalu memiliki menu rendang. Sehingga dengan adanya acara ini, rendang bisa menarik para wisatawan asing untuk kulineran di Indonesia," ungkap Vita Datau selaku Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar.
Mau Tahu Sejarah dan Belajar Bikin Rendang? Datang Saja ke 'Nusantara Marandang'Foto: detikFood/iStock
Festival Nusantara Marandang ini akan diselenggarakan pada tangggal 2 Desember 2018 mendatang, di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta. Acara ini berlangsung selama satu hari penuh, dengan berbagai kegiatan menarik serta pertunjukan budaya khas Minang.

Diantaranya ada mengenal sejarah rendang, lomba masak, cooking demo rendang autentik, talkshow, dan bazaar kuliner. Bazaar kuliner akan menghadirkan aneka masakan rendang, dari berbagai komunitas Minangkabau.
Mau Tahu Sejarah dan Belajar Bikin Rendang? Datang Saja ke 'Nusantara Marandang'Foto: shutterstock
Tak hanya berbagai kegiatan, puncak festival Nusantara Marandang ini nantinya akan melakukan pemecahan rekor MURI berupa hasil kreasi rendang terbanyak.

"Setelah memecahkan rekor MURI, kami berencana untuk mendaftarkan proses masak marandang ke UNESCO. Untuk melestarikan marandang sebagai warisan dunia," pungkas Andre.

Baca Juga: Hebat! Rendang Indonesia Kembali Jadi Makanan Terlezat Nomor 1 di Dunia (sob/odi)