Produk-produk Artisan Indonesia Bisa Dicicipi di 'Artisan Market'

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 26 Nov 2018 15:30 WIB
Foto: Hotel Westin Jakarta Foto: Hotel Westin Jakarta
Jakarta - Aneka produk makanan artisan disajikan dalam 'Artisan Market' di hotel Westin Jakarta. Dari nasi hitam, keju Bali hingga tempe organik bisa dicicipi di sini.

Indonesia sangat kaya akan produk pangan artisan. Produk pangan yang dibuat dengan tradisi turun temurun, memakai bahan lokal dan dengan teknik manual untuk menjaga kualitasnya. Produk pangan artisan berupa garam, lada, beras, cokelat, ikan asap, tempe organik hingga gelato berbahan organik dan lokal.

Aneka produk pangan artisan dihadirkan oleh hotel Westin Jakarta dalam 'Artisan Market'. Promosi kuliner ini berlangsung dari tanggal 23 November - 1 Desember 2018. Ada 5 usaha pangan artisan yang terlibat dalam promosi ini.


Produk-produk Artisan Indonesia Bisa Dicicipi di 'Artisan Market'Beragam rempah yang dihasilkan oleh petani di seluruh pelosok Indonesia. Foto: Odilia/detikfood
Mereka adalah Javara Indigenous Indonesia, Pipiltin Cocoa, Gelato Secrets, Keju Rosalie dan Microo Tempe. Masing-masing punya produk unggulan yang tak ada duanya di Indonesia.

Pipiltin Cocoa yang dimotori oleh Tissa Aunilla memiliki beragam produk cokelat asli Indonesia. Dari Aceh, Bali, Banyuwangi hingga Flores. Biji cokelat asli Indonesia diolah dengan teknik tinggi dan bisa dicicipi dalam bentuk aneka cake chocolate, kue kering, hingga chocolate bar.

Produk-produk Artisan Indonesia Bisa Dicicipi di 'Artisan Market'Cokelat Asli Indonesia, dari Aceh hingga Flores. Foto: Odilia/detikfood
Sementara Javara Indigenous Indonesia yang didirikan oleh Herlianti Hilman ini telah berhasil mengajak 52.000 petani dari seluruh daerah Indonesia. Mereka memproduksi beras, mie, garam laut, lada terbaik hingga beragam gula lokal.

Tak banyak orang tahu jika Indonesia punya produk keju kambing yang enak. Keju rosalie yang dari Balu yang dikelola oleh Ayu Linggih memproduksi keju tanpa bahan pengawet dan pewarna. Dibuat dan disajikan segar.

Produk-produk Artisan Indonesia Bisa Dicicipi di 'Artisan Market'Beragam keju kambing dari Keju Rosalie. Foto: Odilia/detikfood

Anissa Hanan, berusia 22 tahun telah mendedikasikan diri untuk Microo Tempe. Aneka kacang-kacang lokal dari Yogyakarta diolah menjadi tempe tradisional. Kacang kedelai non GMO membuat produk tempenya aman dikonsumsi dan lebih menyehatkan.

Gregory dan Maria Indah membuka Gelato Secrets dengan komitmen untuk memakai 100% bahan asli. Karenanya semua bahan yang dipakai didapatkan dari petani lokal khususnya di Bali. Produknya berupa gelato dan sorbetto memakai buah segar asli Indonesia.

Produk-produk Artisan Indonesia Bisa Dicicipi di 'Artisan Market'Beragam jenis tempe yang dibuat dari kedelai asli Indonesia. Foto: Odilia/detikfood

Belum pernah mencicipi dan mengenal produk pangan lokal berkualitas premium mereka? Anda bisa mencicipi tempe orek dari kedelai hitam, nasi dari beras pari joto yang pulen, mie gomak yang dibuat dengan andaliman dan mie organik, gelato dari arang bambu asli, cheese platter keju kambing dan aneka kue cokelat dari biji cokelat asli Indonesia.

Makanan dan produk pangan tersebut bisa dinikmati dalam menu makan siang seharga Rp 388.000++ per orang dan makan malam Rp 438.000++. Sebaiknya lakukan reservasi di nomor 021-27887768, mengingat tempat selalu penuh.

(odi/odi)