ADVERTISEMENT

1. 240 Nasi Urap Beralas Daun Jati Disantap Santri di Kudus

Akrom Hazami - detikFood
Senin, 22 Okt 2018 14:20 WIB
Foto: dok. detikFood/Akrom Hazami
Kudus - Ada salah satu kegiatan unik di Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Kudus hari Senin (22/10) ini. Salah satunya Tirakatan Santri yang diisi dengan makan bersama.

Menu yang disantap bersama adalah nasi urap atau nasi gudangan. Terdiri dari aneka sayuran rebus seperti wortel, kacang panjang dan tauge. Dilengkapi dengan tempe, tahu dan telur. Nasi ini dicampur kelapa parut yang diaduk dengan dan disajikan di atas daun jati.

Baca Juga: Ajak Warga Makan Sate Kambing dan Oseng Mercon, Presiden Jokowi Dibanjiri Pujian Netizen
1. 240 Nasi Urap Beralas Daun Jati Disantap Santri di KudusFoto: dok. detikFood/Akrom Hazami
Nur Haris satu di antara guru Madrasah Qudsiyyah Kudus sekaligus panitia acara mengatakan, pada HSN ini santri diajak makan bersama dengan lesehan.

"Mereka melahap nasi urap. Jumlahnya 1.240 porsi nasi urap," kata Haris kepada wartawan di lokasi di pelataran halaman kantor Yayasan Masjid, Menara, Makam Sunan Kudus (YM3SK) Senin (22/10/2018).

Menurutnya ribuan porsi makanan nasi urap itu dilahap sekitar 800 orang santri Madrasah Qudsiyyah Kudus, bersama guru dan wali murid. Para santri terlebih dulu harus duduk rapi berjejer di barisan makanan dan minuman air mineral yang disiapkan.
1. 240 Nasi Urap Beralas Daun Jati Disantap Santri di KudusFoto: dok. detikFood/Akrom Hazami
Santri mengenakan baju koko putih, sarung batik dan kain ikat kepala. Begitu guru selesai memandu baca doa sebelum makan, santri langsung melahap. "Usahakan makan sampai habis. Biar tidak mubazir," ungkap Haris ke santri.

Menurutnya, menu tersebut dimasak langsung oleh para wali murid. Adapun pilihan menu nasi urap, kata dia, mempunyai maksud mulia. "Dengan nasi urap, santri hendaknya bisa belajar arti kesederhanaan. Nasi urap adalah menu sederhana," tambah ketua panitia Muh Asror di lokasi.

Sementara itu, seorang santri Abidurrahman mengaku dengan adanya menu makan nasi urap yang disantap bersama, dia berharap akan tumbuh jiwa kesederhanaan di diri santri.
1. 240 Nasi Urap Beralas Daun Jati Disantap Santri di KudusFoto: dok. detikFood/Akrom Hazami
"Hari ini makan bersama nasi urap. Enak rasanya. Saya dan ratusan santri lain amat menyukainya," kata Abidurrahman.

Dia berharap santri di Kudus pada HSN tahun ini bisa lebih maju untuk membangun bangsa jadi lebih baik.

Baca Juga: Sedap Mengenyangkan Nasi Urap Komplet untuk Santap Malam




Tonton juga 'Resep Trancam, Masakan Mirip Urap dari Banyuwangi':


(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT