Ternyata Susah Gampang Membuat Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 06 Okt 2018 10:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Dumpling menjadi populer sejak kemunculannya di film 'Crazy Rich Asians'. Salah satu restoran, di Jakarta ajarkan membuat dumpling seperti di film tersebut.

Dumpling atau biasa dikenal dengan pangsit kukus merupakan makanan tradisional khas Asia yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Membuat dumpling dijadikan sebagai momen istimewa bagi keluarga untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.
Ternyata Susah Gampang Membuat Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'Foto: dok. detikFood
Maka tak heran, tradisi membuat dumpling tersebut dalam budaya China memiliki arti keberuntungan. Kini, dumpling menjadi sangat populer sejak muncul di film 'Crazy Rich Asians'.

Dalam film tersebut memperlihatkan adegan membuat dumpling yang diperankan oleh Rachael dan Nick. Tak mau ketinggalan, salah satu restoran Din Tai Fung di Gandaria City mengadakan workshop membuat dumpling pada pada Jumat (05/10).

Baca juga : Mau Bikin Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'? Begini Caranya

Membuat dumpling ternyata susah-susah gampang. Pertama, harus disiapkan adonan untuk kulit dumpling yang terbuat dari tepung terigu, air dan garam. Lalu siapkan pula isian yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dicincang dan daun kucai.
Ternyata Susah Gampang Membuat Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'Foto: dok. detikFood
Adonan yang sudah jadi, kemudian dipotong kecil-kecil, lalu digiling dengan menggunakan stik kayu. Menurut chef restoran tersebut, adonan digiling hingga lapisan pinggirnya tipis, namun lapisan tengahnya agak sedikit tebal. Ini agar kulit tidak bolong ketika diberi isian.

Ketika sudah pipih, adonan kulit dimasukkan isian lalu ditutup dengan cara melipat kecil-kecil pada keliling adonan. Sekilas cara melipat kulit adonan tersebut sama seperti pembuatan pastel, dan proses tersebut terbilang cukup sulit. Meskipun begitu, chef mengaku mampu menghasilkan dumpling sebanyak 5 buah dalam waktu satu menit saja.

Setelah jadi, dumpling dikukus sekitar 20 hingga 30 menit. Dumpling paling enak disajikan saat masih panas dengan campuran soy sauce.
Ternyata Susah Gampang Membuat Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'Foto: dok. detikFood
Jika Anda tertarik menikmati dumpling seperti di film Crazy Rich Asians, Anda bisa datang ke restoran Din Tai Fung yang ada di Gandaria City, Kota Kasabanka, Plaza Senayan, PIM 2, Pasific Place, Mall of Indonesia, Lotte Shopping Avenue, World Trade Center 2, Mall @ Alam Sutera dan Living World Alam Sutera.

Selain dumpling restoran tersebut juga menawarkan hidangan lain, seperti ayam goreng cabai, nasi goreng vegetariam truffle, golden lava bun, Xiao Long Bao, dan dessert yang jadi favorit pengunjung ialah mango pudding yang disajikan dengan susu evaporated.

Baca juga : Dibuat Dengan Mesin Kini Dumpling Korea Siap Masuki Pasar Global (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com