Mau Bikin Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'? Begini Caranya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 23 Sep 2018 10:49 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Rachael dan Nick di 'Crazy Rich Asians' begitu asyik bikin dumpling bersama keluarga. Kalau mau bikin sendiri bisa ikuti langkah mudah ini.

Dumpling dalam budaya China punya arti keberuntungan. Karenanya makanan ini selalu dibikin di saat istimewa seperti tahun baru atau pesta keluarga. Dalam 'Crazy Rich Asians' Nick mengatakan bahwa ia selalu menikmati dumpling buatan sang nenek. Semuanya dibuat dengan tangan.

Bahkan untuk urutannya cukup mudah diingat. 'Taruh bayi (isian) di atas ranjang (adonan kulit) kemudian menyelipkan bayi ke ranjang (melipat kulit).' Nah, kalau ingin membuat dumpling atau pangsit sendiri, coba ikuti beberapa langkah ini.

Baca Juga : Ini 6 Makanan yang Makin hits Berkat 'Crazy Rich Asians'

Mau Bikin Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'? Begini CaranyaFoto: Istimewa
1. Bahan Adonan Kulit
Untuk membuat adonan kulit, siapkan 400 gram tepung terigu, 200 ml air dan 2 gram garam. Jumlah air bisa ditambah jika tepung terlalu kering.

Mau Bikin Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'? Begini CaranyaFoto: Istimewa

2. Membuat Adonan
Campur semua bahan adonan kulit hingga rata, uleni hingga kalis atau tidak lengket di tangan. Tambahkan seidkit air atau terigu jika perlu hingga adonan kalis benar. lalu bulatkan adonan dan istirahatkan selama 30 menit. Proses ini akan membuat adonan jadi lembut.

Mau Bikin Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'? Begini CaranyaFoto: Istimewa

3. Giling adonan
Bentuk bulatan adonan mejadi silinder panjang, bisa jadi 2 silinder. Selanjutnya potong melintang 2 cm dengan pisau atau pemotong adonan.

Mau Bikin Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'? Begini CaranyaFoto: Istimewa

4. Bentuk adonan
Pipihkan adonan lalu gilas dengan rolling pin kecil khusus untuk dimsum. Perhatikan arah menggilas dari bagian pinggir sambil digerakkan memutar sehingga menjadi bundar dan tipis.

5.Siapkan isian
Untuk bahan isian, campurkan 100 g daging sapi cincang dengan 100 g daging ayam cincang. Tambahkan 1 sdm daun kucai cincang, 1 sdt kecap asin, 1/2 sdt lada bubuk, 1 sdt garam dan 1/2 sdt minyak wijen. Uleni hingga rata.

Mau Bikin Dumpling ala 'Crazy Rich Asians'? Begini CaranyaFoto: ombivore's cookbook

6. Isi kulit adonan
Isi kulit adonan dengan 1 sdt penuh adonan. Lipat ke arah tengah. Pilin salah satu sisinya hingga membentuk setengah bulatan. Kukus dalam kukusan panas selama 10 menit. Sajikan hangat dengan kecap asin dan cabai rawit iris.

(odi/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya