Ayo Minum Kopi Indonesia

Di Jacoweek Bisa Belanja Biji dan Cicipi Kopi Lokal Premium

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 29 Sep 2018 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Jakarta Coffee Week 2018, penggemar kopi Indonesia bisa mengenal kopi lokal. Mulai kopi Gayo hingga kopi Dogiyai, dari Papua.

Sukses menggelar salah satu acara kopi terbesar di Indonesia, ABCD School of Coffee dan HYPE kembali membawa Jakarta Coffee Week 2018 (Jacoweek2018). Bertempat di PIK Avenue, Grand Ballroom, lantai 7, semua tentang kopi Indonesia ada di sini.

Baca Juga: Di Festival Ini Bisa Cicip Kopi Nusantara Sekaligus Belajar Tentang Kopi

Dihadiri lebih dari 120 tenant, terdiri dari kopi, teh, cokelat, hingga bakery. Semuanya merupakan produk lokal yang berasal dari Indonesia.

Di Jacoweek Bisa Belanja Biji dan Cicipi Kopi Lokal PremiumFoto: dok. detikFood

Tidak hanya itu, Jacoweek2018 juga gelar 'Pasar Kopi Indonesia', yang menghadirkan petani-petani kopi dari 15 provinsi di Indonesia. Salah satunya ada Gayo, Lampung, Toraja, Jambi, Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Papua.

"Kita bawa biji kopi Gayo sebanyak 200 kg ke Jacoweek2018. Tahun sebelumnya kami sudah ikut, tujuannya ikut acara ini memang untuk mengenalkan kopi Indonesia. Sekaligus untuk mencari buyer (pembeli), di sini buyer bisa langsung interaksi dan diskusi sama kita. Kita juga bisa mengirimkan biji kopi ke semua wilayah di Indonesia," ungkap Pak Watu, salah satu petani kopi lokal asal Gayo, Aceh.

Untuk memudahkan pembeli memilih jenis kopi Gayo, Pak Watu membawa beberapa jenis biji kopi Gayo. Dengan kisaran harga dari Rp. 115.000,- hingga Rp. 200.000,- per kilo.

Selain biji kopi Gayo yang memang sudah terkenal di Indonesia. Jacoweek2018, juga menghadirkan petani kopi asal Papua yang peredaran biji kopinya masih terbatas.

Di Jacoweek Bisa Belanja Biji dan Cicipi Kopi Lokal PremiumFoto: dok. detikFood

"Dari Papua, saya bawa biji kopi arabika Dogiyai. Kopi ini jenis typica. Ditanam di dataran tinggi, dan dikenal sebagai salah satu kopi terbaik dari Indonesia. Sayangnya lokasi yang jauh membuat saya hanya membawa 50 kg biji kopi ke Jacoweek2018," tutur Hanok Herison Pigai petani kopi lokal sekaligus aktivis asal Papua. Hanok memang aktif mengikuti acara Jacoweek setiap taunnya, tujuannya untuk memperkenalkan kopi Papua di Indonesia.

Tidak hanya para petani kopi lokal saja yang senang bisa bergabung ke Jacoweek, beberapa kafe dan tempat roaster di Indonesia juga turut antusias bisa meramaikan acara ini.

"Kuppie Coffee Roastery tertarik untuk ikut ke event Jacoweek2018, karena tujuan kami ingin memajukan kopi lokal di Indonesia. Sekarang banyak kafe di Indonesia yang menggunakan biji kopi dari luar negeri, sehingga di Kuppie Coffee kami menyajikan kopi asli Indonesia. Ada biji kopi Jambi Kerinci, Bandung Utara, Sunda Wet-Hulled, hingga Simalungun," tutur Denny Hermawan selaku pemilik kafe Kuppie Roastery.

Di Jacoweek Bisa Belanja Biji dan Cicipi Kopi Lokal PremiumFoto: dok. detikFood

Selain mencicipi kopi dan berinteraksi langsung dengan petani kopi lokal, Jacoweek2018 juga menyediakan pameran mesin kopi, dari grinder, barista tools, cangkir, hingga kertas saringan kopi dengan berbagai promo menarik.

"Saya dari dulu penggemar kopi, dan memang punya kafe di Surabaya. Kebetulan saya juga merupakan salah satu finalis dari kontes AeroPress yang diadakan Jacoweek2018. Tadi saya beli biji kopi dari Lampung, karena susah nemuin biji kopi asli Lampung. Lewat event ini saya bisa langsung beli biji kopi dari petaninya, sekaligus diskusi," tutur Yasir, pengunjung asal Surabaya.

Komentar yang sama juga diutarakan oleh pengunjung lainnya, ada Hafidz dan Marinda, pasangan suami istri gemar kopi sejak dulu.

Di Jacoweek Bisa Belanja Biji dan Cicipi Kopi Lokal PremiumFoto: dok. detikFood

"Sudah ngikutin event ini dari tahun lalu, kebetulan memang gemar sama kopi sejak dulu. Apalagi saya punya masalah dengan lambung, jadi saya lebih suka meracik kopi sendiri di rumah. Ke sini memang untuk beli biji-biji kopi, sambil icip-icip kopi," tutur Hafidz.

Nah, bagi yang belum sempat datang ke Jacoweek2018. Acara ini berlangsung selama tanggal 28-30 September 2018, dengan harga tiket masuk Rp. 25.000,- per orang.

Baca Juga: Pencinta Kopi, Festival Kopi Internasional akan Digelar di Makassar (adr/odi)