Ada Jengkol Balado di Warteg Kekinian Ussy Sulistiawaty

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 26 Sep 2018 13:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Ussy Sulistiawaty perkenalkan produk baru di bisnis kulinernya. Kalini ini ia membuat rumah makan, dengan konsep warteg kekinian dengan makanan enak dan murah.

Sukses dengan restoran Lurik Coffee & Kitchen, kali ini Ussy memperkenalkan 'Bakoel Ussy'. Berbeda dengan Lurik yang memiliki konsep restoran, kali ini Ussy menghadirkan makanan rumahan racikannya, yang ia sebut sebagai 'Warteg Kekinian'.

Baca Juga: Di Sini Ada Sop Buntut dan Es Lurik Bikinan Ussy Sulistiawaty

Bertempat di Bakoel Ussy, di Wilayah Cawang. Ussy yang ditemani sang suami, Andhika Pratama, ia menjelaskan tentang cikal bakal terbentuknya Bakoel Ussy.
Ada Jengkol Balado di Warteg Kekinian Ussy SulistiawatyFoto: dok. detikFood
"Sebenernya Bakoel Ussy ini konsepnya lebih dulu dari Lurik, tapi karena waktu itu aku sempat sibuk handle usaha yang lain jadi Bakoel Ussy sedikit terbengkalai. Sampai akhirnya Lurik duluan yang kita rilis, tapi setelah Lurik buka, aku malah semangat lagi untuk buka Bakoel Ussy," ungkap Ussy yang kini tengah serius mendalami bisnis kuliner.

"Nama Bakoel Ussy tercipta karena bakul memiliki arti sebagai wadah untuk nasi, dan orang Indonesia tidak bisa lepas dari nasi. Sehingga dengan hadirnya Bakoel Ussy, bisa membuat orang untuk tertarik mampir ke sini dan makan," jelas wanita berusia 37 tahun itu.

Hampir sama dengan Lurik, di sini Ussy ingin memberikan masakan rumahan yang enak untuk para pengunjung. Jika di Lurik, menu makanannya berisi gabungan resep Ussy dan keluarga. Kalau di Bakoel Ussy, sebagian besar menu merupakan hasil resep Ussy yang sering disajikan di acara rutin pengajiannya.
Ada Jengkol Balado di Warteg Kekinian Ussy SulistiawatyFoto: dok. detikFood
Salah satunya ada Daging Kecombrang, Empal Gepuk, Jengkol Balado, Cumi Lombok Ijo, Paru Bacem, Gabus Pete Jelolotan, hingga aneka nasi. Di sini tersedia berbagai nasi putih, liwet, hingga nasi oncom.

Mengusung konsep warteg, Ussy sengaja menyajikan makanan secara prasmanan, agar pengunjung lebih leluasa memilih menu yang diinginkan. Tersedia juga menu yang dapat diorder, seperti nasi goreng, chicken finger, dan roti bakar untuk anak-anak.

"Kalau dilihat secara keseluruhan, menu makanannya kebanyakan makanan Sunda. Karena saya dan Ussy penggemar makanan Sunda, apalagi makanan Sunda digemari banyak orang. Lalu restoran khusus hidangan Sunda, juga sudah tidak sebanyak dulu," jelas Andhika.
Ada Jengkol Balado di Warteg Kekinian Ussy SulistiawatyFoto: dok. detikFood
Pemilihan lokasi untuk Bakoel Ussy juga tidak sembarangan. Andhika dan Ussy sempat mencari lokasi lain, hingga akhirnya memutuskan untuk buka di wilayah Cawang.

"Kita buka Bakoel Ussy di sini, karena tempatnya strategis. Dekat dengan rumah sakit, sekolah, hingga kampus. Apalagi dengan harga yang terjangkau, jadi cocok banget untuk tempat makan atau nongkrong," lanjut Ussy.

"Pokoknya kalau makan di Bakoel Ussy cukup bawa uang Rp. 50.000,- pasti sudah kenyang, karena di sini menu makanannya murah meriah agar orang kembali terus ke sini," ucap Andhika.
Ada Jengkol Balado di Warteg Kekinian Ussy SulistiawatyFoto: dok. detikFood
Kalau sedang tidak ingin makan berat, Ussy juga membukai kedai kopi bernama Tingwe Bakoel Ussy. Di sini tersedia racikan kopi, mulai dari espresso, coffee latte, matcha greentea, hingga camilan hits seperti pisang goreng dan roti bakar.

Bagi yang tertarik mampir ke Bakoel Ussy dan Kedai Kopi Tingwe, bisa langsung mampir ke JL. Dewi Sartika Np. 192, Cawang, Jakarta Timur. Tersedia juga layanan pesan antar online dan promo diskon menarik.

Baca Juga: Lidah Mercon Buatan Ussy Sulistiawaty Paling Disukai Andhika Pratama (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com