Yogurt Bulgaria yang Bikin Awet Muda Kini Ada di Indonesia

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Mar 2018 17:20 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Masyarakat Bulgaria terkenal dengan rata-rata umur yang panjang. Selain udara yang bersih, yogurt juga jadi salah satu rahasia panjang umur.

Gaya hidup sehat membuat masyarakat millennial semakin selektif soal makanan yang diasup. Dalam lima tahun terakhir bahkan masyarakat banyak menambahkan yogurt sebagai santapan harian.

Usut punya usut ternyata konsumsi yogurt juga jadi salah satu rahasia panjang umur dan awet muda khususnya bagi masyarakat Bulgaria. Kandungan nutrisi dalam yogurt mampu menyehatkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang, rambut dan kulit.

Melihat fenomena ini, PT ABC Kogen Dairy ikut berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pasar akan produk minuman berbasis susu di Indonesia. Produk pertama yang diluncurkannya adalah KIN Bulgarian Yogurt yang merupakan minuman yogurt Bulgaria pertama di Indonesia.
Yogurt Bulgaria yang Bikin Awet Muda Kini Ada di IndonesiaFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Yuk, Bikin Smoothies Bowl Yogurt untuk Sarapan Sehat!

Alexandrina Guigova selaku Wakil Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia membeberkan rahasia panjang umur masyarakat Bulgaria. "Konsumsi yogurt masyarakat Bulgaria sangat intens. Di sana yogurt jadi menu sarapan, makan siang dan makan malam. Kami menjadikan yogurt sebagai makanan dan minuman," kata Alexandrina saat peluncuran KIN Bulgarian Yogurt di Jakarta (22/3).

Selain hal tersebut, masyarakat Bulgaria senang masak dengan campuran yogurt. "Yogurt dijadikan campuran sup, rasanya jadi asam. Biasanya ditambah mentimun. Sup ini dimakan saat musim panas," lanjutnya.

Yogurt Bulgaria juga dikenal sebagai yogurt terbaik di dunia. Bakteri bahan baku pembuatan yogurt ini dikenal dengan nama Lactobacilus Bulgarius, mikroorganisme unik yang menurut para peneliti bisa membuat awet muda.

Semua yang dibeberkan Alexandrina langsung disetujui selebriti Nadine Chandrawinata yang belum lama ini traveling ke Bulgaria. "Bulgaria punya pemandangan luar biasa indah, udara segar, hutannya juga nenarik untuk difoto. Uniknya orang-orang di sana ngobrol, makan siang atau santai sambil minum yogurt," kata Nadine.
Yogurt Bulgaria yang Bikin Awet Muda Kini Ada di IndonesiaFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Melihat hal ini, Nadine kemudian tertarik dan berencana untuk mengonsumsi yogurt Bulgaria secara rutin. Sebelumnya, ia juga pencinta berbagai jenis yogurt.

Untuk bisa menikmati lezatnya yogurt Bulgaria, tak perlu datang langsung ke Bulgaria. Pasalnya ada KIN Bulgarian Yogurt yang mengandung semua manfaat kebaikan dari yogurt Bulgaria. Lewat kampanye KIN #The Secret To Living Younger, yogurt ini siap jadi salah satu alternatif asupan untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan awet muda seperti masyarakat Bulgaria.

Anton Budiharjo selaku Marketing Manager KIN mengatakan produk KIN Bulgarian Yogurt dibuat dengan kultur bakteri yang didatangkan langsung dari Bulgaria. "Kultur bakteri Lactobacillus Bulgarius yang asli dari Bulgaria diimpor langsung dari Bulgaria. Bukan hanya nutrisinya yang baik tapi rasanya khas dan nikmat," kata Anton.
Yogurt Bulgaria yang Bikin Awet Muda Kini Ada di IndonesiaFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Ovyond: Yogurt Lembut Enak Khas Yunani, Finlandia dan Bulgaria yang Unik

Kultur bakteri Lactobacillus Bulgarius ini berkembang sesuai daerahnya. Bakteri berasal dari tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di Bulgaria.

Lebih lanjut Anton juga menjelaskan, susu yang digunakan untuk membuat yogurt berasal dari peternakan sapi KIN. Anton juga menjamin yogurt ini bebas bahan pengawet dan tanpa pemanis buatan.

KIN Bulgarian Yogurt hadir dalam tiga pilihan rasa yakni original, strawberry dan orange. Yogurt ini bisa diperoleh di minimarket ataupun supermarket terdekat. (dvs/odi)