Barista dan Pegiat Kopi Bersiaplah, Indonesia Coffee Event 2018 Akan Kembali Digelar

Devi Setya - detikFood Jumat, 12 Jan 2018 15:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Kopi kini jadi gaya hidup global. Jumlah coffee shop kian bertambah setiap hari. Termasuk kebutuhan barista pun kian bertambah.

Publik tengah terkesima dengan perkembangan tren kopi saat ini. Racikan serta kemasan menarik olahan bubuk hitam kini menjadi bahan yang selalu diburu.

Hingar bingar kopi memberikan dampak pada makin dikenalnya profesi orang-orang di balik mesin giling alias barista. Kopi yang Anda nikmati saat ini adalah hasil proses panjang biji kopi yang kemudian diracik menjadi segelas kopi.
Barista dan Pegiat Kopi Bersiaplah, Indonesia Coffee Event 2018 Akan Kembali DigelarFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Mencicip 5 Es Kopi Susu Racikan Kedai Kopi Kekinian di Jakarta

Dalam hal meracik kopi, tentu saja hanya barista yang kompeten yang bisa menyajikan kopi paling nikmat. Apalagi data menunjukkan semakin hari peminat kopi semakin meningkat, terutama kalangan anak muda.

Karena alasan ini, sebuah event kompetisi antar barista kembali digelar. Mengusung tajuk Indonesia Coffee Event (ICE) 2018, ajang kompetisi ini jadi wadah yang mempertemukan barista dari berbagai daerah untuk beradu kemampuannya.

Kompetisi Nasional yang digelar untuk ketujuh kalinya ini digelar untuk mencari barista terbaik Indonesia. Barista ini nantinya akan dikirim sebagai delegasi yang mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi kopi skala dunia.

Yudhistira Bawono selaku Ketua Panitia Indonesia Coffee Event 2018 membeberkan ada empat jenis kompetisi yang nantinya akan dipertandingkan. "Empat kompetisi ini yakni Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Championship (IBrC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC) dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC)," terang Yudhistira saat jumpa pers di Artotel, Jakarta Pusat (11/1).
Barista dan Pegiat Kopi Bersiaplah, Indonesia Coffee Event 2018 Akan Kembali DigelarFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Baca juga : Kini Kopi Asli Indonesia dari Anomali Coffee Bisa Dinikmati di Pondok Indah

Terkait dengan event ini, ICE 2018 akan dibagi dalam dua regional yakni Eastern Championship yang meliputi Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi dan Papua. Sementara regional Western Championship meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera dan Kalimantan.

Babak penyisihan regional Timur dilakukan di Pakuwon Mall Surabaya, sementara wilayah Barat dilakukan di PIK Avenue Mall Jakarta. Selanjutnya finalis IBC akan bertanding di Bali dan finalis dari tiga kompetisi lainnya bertanding di Jakarta.

Bukan barista? Dalam event ini juga terdapat Coffee Village dimana puluhan stand coffeeshop dari kota-kota besar di Indonesia berkumpul. Anda bisa menikmati kopi gratis, bazzar dan berbagai promo lainnya sambil menyaksikan para barista berlomba. Coffee Village akan digelar di Pakuwon Mall Surabaya tanggal 19-21 Januari 2018 serta di PIK Avenue Mall Jakarta pada 1-4 Februari.

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed