30 Resep BBQ Party

Resep Bumbu Sate Ayam yang Gurih Manis Buat Pesta Tahun Baru

Odilia WS - detikFood
Kamis, 30 Des 2021 09:00 WIB
Resep Ayam Sate Madura
Foto: iStock
Jakarta -

Sate ayam merupakan sajian paling favorit saat BBQ. Karena rasanya gurih enak, apalagi jika dibumbui dan cicocol saus kacang yang creamy.

Sate ayam sangat beragam jenisnya, beberapa daerah di Indonesia punya racikan sate ayam yang unik. Seperti sate kuah Pontianak, sata ayam ponorogo, sate ayam Madura hingga sate srepeh dari Rembang.

Secara umum membuat sate ayam hanya perlu memotong-motong daging ayam, mencelup sedikit bumbu lalu dibakar di atas api arang. Tetapi ada beragam saus dan bumbu untuk penyajiannya.

Beberapa hal berikut ini termasuk hal penting dalam resep bumbu sate ayam yang bikin sate ayam gurih, harum dan juicy.

1. Daging dada dan paha ayam

Resep sate ayam yang enak bergantung pada pilihan bagian daging ayamnya, Bisa memilih daging ayam bagian dada (fillet) atau daging paha yang sedikit berlemak.

Jika memakai daging dada bisa diselipi sedikit potongan lemak ayam. Selain kedua bagian daging itu, hati, ampela, usus, jantung, kulit hingga brutu juga enak dibuat sate ayam. Hanya saja perlu direbus dulu hingga setengah matang.

2. Resep bumbu sate ayam

Sebelum potongan daging ayam dipanggang atau dibakar, ada yang polosan langsung dibakar baru kemudian setelah setengah matang dicelup bumbu dan dibakar kembali.

Sebagai bumbu ayam sebelum dipanggang bisa dipakai 2 resep bumbu sate ayam. Pertama, campurkan kecap manis dengan kecap manis, bawang merah goreng yang dihaluskan dan sedikit minyak sayur atau minyak ayam. Celupkan sate dalam bumbu ini sebelum dibakar.

Kedua resep bumbu sate ayam berupa bawang putih, ketumbar, merica, sedikit gula dan garam yang dihaluskan. Sebelum ditusuki dengan tusuk sate, lumuri potongan daging ayam dengan bumbu ini lalu diamkan beberapa saat.

Resep Sate Ayam PonorogoResep Sate Ayam Ponorogo Foto: iStock

3. Resep sate ayam populer

Kedua resep bumbu sate ayam tersebut punya rasa berbeda. Yang memakai kecap manis lebih manis gurih. Sedangkan yang memakai bawang putih lebih gurih berempah.

Jika ingin membuat sate ayam Ponorogo dengan potongan daging ayam yang besar dan cocolan bumbu kacang. Karena potongannya besar, makan sate Ponorogo lebih memuaskan. Biasanya disajikan dengan lontong. Resep Sate Ponorogo bisa dilihat di sini !

Buat yang suka sate dengan rasa manis berbumbu, kamu bisa membuat sate ayam manis dengan resep bumbu sate ayam dengan paduan bawang dan sedikit gula pasir. Bisa disajikan dengan nasi atau lontong. Resepnya bisa kamu lihat di sini!



Simak Video "Yuk Bikin Smashed Burger untuk Santapan di Tahun Baru!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)