Ketupat Lebaran Komplet

Resep Rendang Ayam Padang Praktis Cukup 30 Menit

Odilia WS - detikFood Senin, 10 Mei 2021 10:00 WIB
Resep Rendang Ayam Padang Praktis Foto: detikfood/Odilia
Jakarta -

Resep rendang ayam Padang asli Minang ini bisa disiapkan dalam waktu 30 menit. Ikuti trik dan cara praktis untuk menyajikan rendang ayam yang sedap.

Rendang daging menjadi lauk wajib ketupat lebaran komplet. Olahan daging khas Minang yang memakai banyak rempah ini dikenal kelezatannya hingga ke mancanegara.

Rendang sendiri berasal dari kata 'marandang' yaitu proses memasak untuk menghilangkan air. Untuk itu, proses masak rendang asli Minang membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam. Hingga daging jadi kering, tak ada air dan berminyak jernih.

Rendang ayam merupakan salah satu jenis rendang yang populer karena rasanya yang gurih pekat berempah. Membuat rendang ayam prosesnya lebih singkat dari rendang daging.

Reno Adam Suri dalam kelas online rendang memberikan trik membuat rendang ayam dalam waktu singkat. Caranya mulai dari gulai ayam. 'Karena marandang itu sebuah proses panjang. Dari gulai kemudian menjadi kalio dan selanjutnya menjadi rendang', ungkap penulis buku "Rendang Traveler" ini.

Proses tersebut merupakan tahapan hilangnya kandungan air. Jadi jika ingin cara singkat bisa dimulai dari gulai ayam. Gulai ayam bisa dibeli atau dibuat sendiri dengan resep gulai ayam ini

Jika kamu tak punya banyak waktu untuk membuat rendang ayam, kamu bisa memakai cara praktis ini. Berikut ini tahapan membuat rendang ayam dari gulai ayam.

Resep Rendang Ayam Padang PraktisResep Rendang Ayam Padang Praktis Foto: detikfood/Odilia

1. Gulai Ayam

Siapkan gulai ayam, bisa membeli atau membuat sendiri. Siapkan 4 potong gulai ayam. Selanjutnya taruh gulai ayam dalam wajan dan masak dengan api sedang.

Jika ingin menambahkan telur rebus atau kentang kecil, masukkan bersamaan dengan gulai ayam mendidih.

Resep Rendang Ayam Padang PraktisResep Rendang Ayam Padang Praktis Foto: detikfood/Odilia

2. Kuah Mengental

Setelah gulai ayam mendidih, kecikan api dan masak terus hingga kuah menjadi kental dan berminyak. Angkat potongan ayam dan masak terus kuahnya dengan api kecil dan aduk sekali-sekali.

Resep Rendang Ayam Padang PraktisResep Rendang Ayam Padang Praktis Foto: detikfood/Odilia

3. Kuah Mengering

Masak kuah gulai ayam yang sudah berminyak hingga menjadi kecokelatan dan kental. Aduk sekali-sekali agar tidak gosong. Masukkan kembali potongan ayam dan masak hingga kuahnya kering, kecokelatan dengan jejak minyak. Rendang ayam siap disajikan.



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com