Resep Fish & Chips Pakai Air Fryer, Enak, Sehat, dan Mudah!

Advertorial - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 00:00 WIB
philips Foto: Shutterstock
Jakarta - Fish and chips merupakan hidangan populer yang digemari oleh banyak orang. Gurihnya ikan dan kentang goreng dipadukan dengan saus serta mayones, siapa yang bisa menolak?

Namun, makanan ini kerap dihindari terutama oleh orang-orang yang concern dengan kesehatan. Hal itu dikarenakan fish and chips digoreng menggunakan minyak yang cukup banyak atau yang biasa disebut dengan cara deep fried. Nah, kamu sekarang bebas khawatir karena bisa menikmati fish and chips tanpa takut kolesterol jahat, loh. Caranya dengan menggunakan air fryer. Memasak dengan air fryer, lebih sehat karena kamu bisa menggoreng dengan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak sama sekali.

Nah, agar kamu nggak perlu khawatir lemak dan kolesterol pada fish and chips, berikut resep memasak yang dilansir dari Taste of Home.

Bahan-bahan:

2 kentang ukuran sedang

2 sendok makan minyak zaitun

1/4 sendok teh merica

1/4 sendok teh garam

1 ekor ikan fillet sedang

1/3 cangkir tepung serbaguna

1 buah telur

2 sendok makan air

1/4 sendok teh garam

Saus dan mayones

Cara Membuat Kentang:

1. Kupas dan potong kentang secara memanjang menjadi irisan setebal 1/2 inci.

3. Aduk kentang dengan minyak zaitun, merica, dan garam di mangkuk besar.

4. Tempatkan kentang dalam nampan air fryer.

5. Nyalakan air fryer, atur suhunya sekitar 180-200 derajat celcius, dan setel waktunya sekitar 30 menit.

6. Tunggu sampai kentang berwarna kecoklatan, lalu angkat.

Cara Membuat Ikan:

1. Campur tepung dan merica di mangkuk pertama.

2. Kocok telur dengan air di mangkuk kedua.

3. Taburi ikan dengan garam. Celupkan ke dalam campuran tepung untuk melapisi kedua sisi. Celupkan ke dalam adonan telur, tepuk-tepuk agar lapisannya menempel.

4. Tempatkan ikan dalam nampan air fryer.

5. Nyalakan lagi air fryer, atur suhu sekitar 180-200 derajat celcius, dan setel waktunya sekitar 20-30 menit.

6. Tunggu sampai ikan berwarna kecoklatan. Setelah itu, masukkan kentang goreng ke nampan yang sama untuk dipanaskan.

7. Sajikan dengan saus dan mayones.

Mudah bukan membuatnya? Dengan menggunakan air fryer, kamu bisa memasak dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak. Rekomendasi air fryer terbaik yaitu Philips Air Fryer.

Philips meluncurkan perangkat air fryer XL tipe HD9270 yang dilengkapi dengan Teknologi Rapid Air. Tekonologi Rapid Air dengan desain 'bintang laut' yang unik ini, mampu memutar udara panas dengan cepat untuk menghasilkan makanan bertekstur renyah di luar dan lembut di dalam dengan sedikit atau tanpa minyak tambahan.

Tak hanya menggoreng, kamu juga bisa memanfaatkan Philips Air Fryer untuk membakar, memanggang, bahkan memanaskan. Di produk air fryer biasa kamu harus memutar secara manual untuk mengatur suhu dan waktu. Namun dengan Philips Air Fryer XL tipe HD9270, kamu bisa mengatur suhu dengan layar sentuh atau lebih praktis menggunakan program prasetel untuk memasak frozen food. Masak makanan apapun dengan sempurna jadi bisa dilakukan setiap saat.

Teknologi ini juga mampu mengurangi lemak makanan hingga 90%. Sehingga kamu bisa menikmati makanan sehat yang renyah di luar, lembut di dalam, dan pastinya matang sempurna. Perangkat ini tersedia dengan kapasitas XL yang memungkinkan kamu memasak dengan porsi yang lebih banyak, sekitar 5 porsi.

Dengan kapasitas yang lebih besar, Philips Air Fryer XL tipe HD9270 dapat memenuhi kebutuhan penyajian makanan yang lebih banyak dan jadi pilihan tepat untuk keluarga. Air fryer berwarna hitam dengan desain yang elegan ini bisa kamu dapatkan di Philips Official Store untuk jadi solusi makan gorengan sehat dan pilihan terbaik untuk keluarga. (adv/adv)


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com