Gurih Mantap! Nasi Campur Halal di Bali Buatan Mek Juwel

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 02 Jan 2022 17:00 WIB
Nasi Campur Ayam Warung Mak Juwel
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Kalau sedang mencari nasi campur halal di Bali, coba datang ke Warung Mek Juwel. Warung makan ini menawarkan menu nasi campur ayam yang sudah terkenal lezat.

Nasi campur merupakan makanan khas Bali, berupa nasi yang disajikan dengan aneka lauk sedap. Lauknya ada ayam betutu, lawar, telur pindang, sate babi, sambal matah, sambal embe, dan lainnnya.

Kebanyakan penjual nasi campur di Bali non halal karena menggunakan daging babi untuk lauknya. Tapi ada warung nasi campur yang wajib dikunjungi muslim kalau sedang liburan di Bali, yaitu Warung Mek Juwel.

Tim detikFood mencicipi nasi campur ayam di Warung Mak Juwel saat berkunjung ke Bali dalam rangkaian Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika (25/11).

Nasi Campur Ayam Warung Mak JuwelNasi Campur Ayam Warung Mak Juwel Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: Selebgram Herlin Kenza Laporkan Barista Karena Tak Terima Diatur saat Antre

Warung Mek Juwel tergolong tempat makan legendaris di Bali. Menurut Kadek Putra, anak dari pemilik Warung Mek Juwel warung makan ini dirintis pertama kali oleh sang nenek pada tahun 1970-an. Usahanya juga masih kecil-kecilan, sering menawarkannya di pinggir jalan setiap ada upacara adat.

"Kalau nenek itu dulu dari tahun 70-an. Bukan warung begini, dulunya nenek jualan di pinggir jalan kalau ada upacara adat dia sering jualan di depan pura. Dari situ barulah buka warung makan, terus dilanjutkan oleh ibu saya ya itu Mek Juwel itu," ungkap Kadek Putra kepada detikFood (25/11).

Sayangnya saat kami sampai di Warung Mek Juwel pada pukul 14.00 WIB, lauk nasi campur sudah tak lengkap lagi. Hanya tersisa beberapa lauk saja. Namun, kami tetap penasaran dengan cita rasanya.

Kami memesan paket nasi campur komplet yang harganya dibanderol Rp 25.000 saja. Porsinya cukup besar dan pastinya mengenyangkan.

Nasi Campur Ayam Warung Mak JuwelNasi Campur Ayam Warung Mak Juwel Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: WNI di London Ini Cicip Burger Gordon Ramsay, Segini Harganya

Lauk yang disajikan ada telur pindang, ayam betutu, ayam panggang, mie goreng, ati ampela, serundeng kacang, urap, dan sate lilit. Melihat penuhnya lauk yang disajikan di atas nasi, kami langsung tergoda ingin mencicipinya.

Ayam betutunya super empuk dan cita rasanya gurih agak pedas. Ketika dipadukan dengan nasi dan lauk lainnya, rasanya menyatu sempurna. Kami juga sangat menyukai sate lilitnya, teksturnya empuk dan gurih khas kelapa sangat terasa.

Nasi Campur Ayam Warung Mak JuwelNasi Campur Ayam Warung Mak Juwel Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Belum pas kalau tidak menyantapnya dengan sambal embe. Menurut Kadek, sambal embe ini yang bisa membuat cita rasa nasi campur makin lezat.

"Jangan lupa pake sambal embe ini, enak banget. Makin nikmat juga makan nasi campur," ujar Kadek Putra.

Nasi Campur Ayam Warung Mak JuwelNasi Campur Ayam Warung Mak Juwel Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Penasaran dengan cita rasa nasi campur ayam yang halal dari Warung Mek Juwel? Kamu bisa mengunjungi warungnya yang berlokasi di Jalan Melati, Ubud, Bali. Warung ini buka sejak pagi hari, mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Salt Bae Kegirangan Setelah Restonya Disambangi Thibaut Courtois



Simak Video "Unboxing Nasi Campur Premium Ibu Jari Isi Iga Bakar"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)