ADVERTISEMENT

Warung Suramadu: Harum Gurih Sate Kelapa yang Legendaris di Tebet

Riska Fitria - detikFood
Senin, 20 Des 2021 12:00 WIB

3. Racikan Sate Kelapa

Sate kelapa warung SuramaduSate kelapa daging sapi di Warung Suramadu Foto: detikcom/Riska Fitria

Ipah kemudian menceritakan racikan sate kelapa. Banyak yang mengira bahwa sate kelapa benar-benar terbuat dari daging kelapa. Faktanya kelapa hanya berupa tambahan saja.

"Orang kalo pertama kali makan pasti nyangkanya sate kelapa itu daging kelapa ditusuk-tusuk. Padahal sama pakai daging juga, kelapa itu tambahan bumbunya," ujar Ipah.

Ada tiga jenis daging yang digunakan di sini, yakni daging ayam, kambing dan sapi. Daging-daging tersebut lebih dulu dipotong-potong.

Kemudian dimarinasi dengan bumbu yang terbuat dari rempah-rempah rahasia. Setelah itu, baru dicampurkan dengan kelapa parut yang sudah disangrai. Jadi, kelapa parut itu akan melapisi lapisan dagingnya.

"Setelah di kasih kelapa parut, baru ditusuk-tusuk dan dibakar. Nanti setelah matang disajikannya pakai bumbu kacang, kayak sate Madura," ujar Ipah.

Baca Juga: Masak Masak: Resep Sate Sapi Bumbu Kelapa yang Juicy Gurihnya Nendang

4. Aroma Harum dan Cita Rasa Unik

Sate kelapa warung SuramaduSate kelapa daging ayam di Warung Suramadu Foto: detikcom/Riska Fitria

Saat dibakar, aroma harum dari kelapanya tercium sangat harum. Dari proses pembakaran tersebut kelapa parut mengeluarkan minyak yang membuat aromanya harum dan rasanya gurih enak.

Sate kelapa disajikan dengan bumbu kacang. Untuk pelengkapnya diberikan acar bawang merah dan cabe merah. Terakhir ditaburi bawang goreng.

Menikmati sate kelapa ini bisa pakai nasi atau pun lontong. Kami mencicipi sate sapi (Rp 30.000) yang teksturnya empuk juicy. Aroma kelapanya sangat kuat.

Kami mencicip satenya sebelum dicampur bumbu kacang. Rasanya gurih dan ada sedikit cecapan manis dari kelapa parutnya. Ketika dimakan pakai bumbu kacang, rasa manis dan gurihnya jadi seimbang.

Kemudian ada sate kambing (Rp 35.000) yang tak kalah empuk dan juicy. Daging kambingnya tidak beraroma prengus. Ipah mengatakan ada tips rahasia untuk menghilangkan aroma prengus dan membuat teksturnya tak alot.

Sate kambingnya terdiri dari dagingnya saja tanpa gajih. Jadi, rasanya padat dan empuk. Begitu juga dengan sate ayam (Rp 25.000) yang terdiri daging daging tanpa kulit.

Dagingnya dipotong dalam ukuran yang besar, sehingga puas di setiap gigitannya. Rasa kunyit dari bumbu marinasi juga terasa cukup dominan.

5. Sop Kambing jadi Pelengkap Sate Kelapa

Sate kelapa warung SuramaduSop Kambing di warung Suramadu Foto: detikcom/Riska Fitria

Warung Suramadu ini juga menawarkan Sop Kambing (Rp 25.000). Kuahnya gurih dan asam segar dengan bercak minyak di lapisan atasnya. Pemberian daging kambingnya juga terbilang royal.

Bahkan disajikan dengan tulang yang masih melekat dagingnya, sehingga memberikan sensasi kenikmatan saat memakannya. Pada olahan sop inilah baru disajikan tetelan.

Kelezatan menu-menunya membuat Warung Suramadu ini sering diantre pembeli. Terutama pada jam makan siang. Ipah mengatakan bahwa dalam sehari ia bisa menghabiskan hingga 10 kg daging.

"Sehati itu bisa 8 sampai 10 kilogram daging lah. Terus juga kelapa yang dipakai sekitar 5 butir kelapa untuk campuran satenya dalam sehari," tutup Ipah.

Warung Suramadu ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Warung Suramadu
Jl. Tebet Timur Raya No.18D
Tebet, Jakarta Selatan
Telepon: 0818-0868-4888
Jam buka: 08.00 - 20.00

Baca Juga: Sate Klopo Bu Asih: Empuk Gurih Sate Sapi Klopo yang Legendaris


(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT