Tempat Makan Legendaris Masih Eksis

Bakmi Asap, Bakmi 'Kayu Bakar' Topping Babi Kecap yang Eksis Sejak 1960

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 05 Des 2021 14:00 WIB
Jakarta -

Bakmi di tempat ini terkenal dengan cita rasanya yang klasik karena masih dibuat dengan teknik tradisional. Namanya Bakmi Asap yang ada di daerah Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain restoran legendaris yang masih bertahan sampai sekarang, banyak penjual makanan kaki lima juga tetap eksis meski sudah berjualan selama puluhan tahun. Penjual ini biasanya hanya mengandalkan gerobak sederhana yang seolah ikut menjadi ciri khasnya.

Salah satunya Bakmi Asap. Nama Bakmi Asap mungkin masih asing di telinga banyak orang, namun bagi mereka penggemar mie yang tinggal di daerah Penjaringan, Jakarta Utara, pasti sudah tidak asing dengan gerobak Bakmi Asap yang sehari-harinya 'mangkal' di depan Sekolah Kristen Nazaret.

Bakmi Asap ini dulunya dijajakan dengan gerobak keliling sekitar tahun 1960-an. Saat itu daerah Penjaringan masih hutan dan belum semodern sekarang.

Menu yang ditawarkan juga sederhana. Ada mie goreng, nasi goreng, bihun goreng dan kwetiaw goreng dengan harga Rp 15.000 saja.

Berikut 5 fakta menarik Bakmi Asap yang masih eksis sampai sekarang:

1. Bakmi Asap Gerobak Legendaris

Bakmi Asap, Bakmi 'Kayu Bakar' Topping Babi Kecap yang Eksis Sejak 1960Bakmi Asap, Bakmi 'Kayu Bakar' Topping Babi Kecap yang Eksis Sejak 1960 Foto: detikFood

Berjualan di daerah perumahan, membuat keberadaan Bakmi Asap ini sedikit tersembunyi dan sulit dicari. Tapi hal itu tidak menyurutkan banyak orang untuk mencicipi mie gerobakan yang sudah berjualan sejak tahun 1960-an ini.

"Bisa dibilang Bakmi Asap ini sudah berjualan lebih dari tiga generasi. Dulu ayah saya jualan dari tahun 1960-an lah, keliling di daerah sini, pas di sini masih hutan belantara belum seramai sekarang," ungkap Koh Anton, generasi ketiga Bakmi Asap ketika ditemui detikFood (04/12).

Sebelum Koh Anton terjun ikut menjual Bakmi Asap, usaha ini lebih dulu dilakoni sang kakak yang sekarang sudah berhenti berjualan dan dilanjutkan olehnya. Namun resepnya masih dipertahankan sejak dulu. Begitu juga dengan cara masaknya yang masih menggunakan kayu bakar.

2. Metode Masak Menggunakan Kayu Bakar

Bakmi Asap, Bakmi 'Kayu Bakar' Topping Babi Kecap yang Eksis Sejak 1960Bakmi Asap, Bakmi 'Kayu Bakar' Topping Babi Kecap yang Eksis Sejak 1960 Foto: detikFood

"Di sini menunya sederhana sih, cuma mie goreng, nasi goreng, bihung goreng atau kwetiaw. Isinya cuma daging babi kecap, telur, sayuran seperti sawi dan tauge, serta sambal kacang," sambung Koh Anton yang sudah malang melintang jualan mie sejak 35 tahun yang lalu.

Di gerobaknya, terpampang spanduk besar tulisan 'non-halal' karena Bakmi Asap hanya menyajikan topping daging babi saja. Tidak ada pilihan daging sapi atau ayam. Banyak pelanggan yang request tidak usah pakai daging babi kecapnya, banyak juga yang request tambah telur dan sebagainya.

"Pokoknya di sini permintaan pembeli itu bermacam-macam, sebisa mungkin saya penuhi gitu. Misal tidak mau pakai daging kecap, mau tambah telur, mau dibuat pedas atau basah semuanya bisa," sambung Koh Anton yang sehari-harinya berjualan dari jam 8 pagi jika anak-anak sekolah masuk.