Jajan Rp 30 Ribu di Sekitar Grand Indonesia Bisa Dapat 5 Makanan Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 12:00 WIB
Jajan Rp 30 Ribu di Sekitar Grand Indonesia Bisa Dapat 5 Makanan Enak Ini Foto: detikfood
Jakarta -

Kulineran di sekitar Grand Indonesia dan Plaza Indonesia identik dengan harga mahal, tapi di pusat jajanan ini kamu bisa makan enak dan puas bermodal Rp 30 ribu. Ada apa saja pilihan makanannya?

Grand Indonesia dan Plaza Indonesia berlokasi di kawasan elite Jakarta, tepatnya di sekitar Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Kebon Kacang Raya. Dua mall ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan kelas atas.

Makan di dalam Grand Indonesia atau Plaza Indonesia tergolong tidak murah. Setidaknya butuh uang sekitar Rp 50 ribu hanya untuk membeli satu makanan utama.

Lalu apakah tidak ada makanan murah sama sekali di sana? Ternyata jawabannya ada. Hanya saja kamu harus menyusuri bagian luar Grand Indonesia dan Plaza Indonesia, bukan di dalam mall.

Di area belakang antara dua mall ini terdapat pusat jajanan kaki lima yang ramai, terutama pada siang hari. Berbagai makanan, minuman, dan camilan tersedia di sini.

Ada lebih dari 50 kios penjual kaki lima

Jajan Rp 30 Ribu di Sekitar Grand Indonesia Bisa Dapat 5 Makanan Enak IniJajan Rp 30 Ribu di Sekitar Grand Indonesia Bisa Dapat 5 Makanan Enak Ini Foto: detikfood

Menyambangi pusat jajanan kaki lima (8/3) ini sekitar pukul 3 sore kami mendapati ada lebih dari 50 kios penjual kaki lima yang memenuhi sisi pinggir jalan.

Posisi kiosnya sangat rapat antara penjual yang satu dengan penjual lain, namun setiap tempat seolah punya pelanggannya masing-masing. Pasalnya jenis menu yang ditawarkan juga beragam.

Untuk makanan utama, kamu bisa cicip bakso malang, aneka olahan penyet dan bakaran, soto ayam, nasi liwet, dan banyak lainnya. Disusul camilan manis dan gurih seperti takoyaki, otak-otak, tahu goreng, pisang goreng, tahu jeletot bakwan pontianak, hingga pisang cokelat lumer.

Bagi penggemar jajanan enak dijamin kalap saat datang ke sini. Selain pilihan menunya yang sangat beragam, tentu saja harganya ramah di kantong.

Karenanya pusat jajanan kaki lima ini jadi tempat makan favorit para pegawai mall. Hal ini dibenarkan salah seorang penjual yang kami temui.

Ia mengatakan kalau di hari biasa, pengunjungnya didominasi pegawai mall Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Jam-jam paling ramai adalah saat waktu makan siang dan sore hari.

Ngemil bakwan pontianak: Rp 5 ribu

Jajan Rp 30 Ribu di Sekitar Grand Indonesia Bisa Dapat 5 Makanan Enak IniJajan Rp 30 Ribu di Sekitar Grand Indonesia Bisa Dapat 5 Makanan Enak Ini Foto: detikfood

Setelah melihat-lihat pilihan makanan yang ada di pusat jajanan kaki lima ini, kami putuskan mengawali santapan dengan bakwan pontianak.

Camilan ini viral di media sosial setelah diperkenalkan akun darihaltekehalte. Berupa bakwan khas Pontianak, Kalimantan Barat dengan pilihan rasa rebon, rebon rawit, dan teri.

Harga per buahnya Rp 2 ribu-3 ribu saja. Pengunjung boleh membelinya satuan. Kami mencoba bakwan rebon (Rp 2 ribu) dan bakwan teri (Rp 3 ribu) di sini. Total harga camilan ini Rp 5 ribu.

Bakwan tersaji hangat-hangat karena belum lama diangkat dari penggorengan. Teksturnya gurih kenyal dengan penggunaan topping rebon dan teri yang royal.

Paling enak menyantap bakwan pontianak dengan saus yang asam, manis, dan pedas di sini. Seorang pegawai Bakwan Pontianak mengatakan setiap hari mereka bisa menghabiskan 2 karung terigu dengan total berat 50 kg.

Proses meracik dan menggoreng bakwan dilakukan di kios sederhana itu pula sehingga pengunjung bisa mengintipnya. Bakwan Pontianak juga laris diantre pembeli via ojek online.

Baca Juga: Bakwan Pontianak: Gurih Kenyal Bakwan Topping Udang Rebon dan Teri

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com