Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk Pasar Thomas: Selalu Antre! Nasi Uduk dengan 30 Pilihan Lauk Sedap

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 17:00 WIB
nasi uduk pasar thomas yang terkenal lezat dengan 30 lauk Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
Jakarta -

Nasi uduk Betawi enak ada di banyak tempat, tapi kalau mau cicip yang terkenal mampirlah ke Nasi Uduk Pasar Thomas. Antreannya selalu ramai karena nasi uduk dan lauk di sini terkenal nikmat.

Mencari nasi uduk Betawi yang enak bukan perkara sulit di Jakarta. Banyak warung makan yang menawarkan nasi uduk sebagai menu andalan.

Salah satunya Nasi Uduk Pasar Thomas yang sudah sangat terkenal karena kelezatannya. Baru buka saja, warung nasi uduk ini sudah diantre para pembeli.

Karena penasaran, detikFood mengunjungi Nasi Uduk Pasar Thomas di Jalan Cideng Timur, Jakarta Pusat. Dulunya nasi uduk ini buka pada pukul 24.00 WIB, namun karena Jakarta memberlakukan PPKM maka sekarang buka lebih sore yaitu pukul 17.00 WIB.

Benar saja, antrean pembeli sudah terlihat ramai ketika kami datang. Padahal saat itu belum tepat pukul 17.00 WIB.

Sudah Ada Sejak 2007

nasi uduk pasar thomas yang terkenal lezat dengan 30 lauknasi uduk pasar thomas yang terkenal lezat dengan 30 lauk Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Nasi Uduk Pasar Thomas sudah ada sejak tahun 2007. Usaha ini dirintis oleh Siti Fatimah atau yang biasa dikenal dengan Ibu Ipat. Dulunya, warung nasi uduk ini buka pagi hari, mulai dari pukul 05.00 WIB.

Namun, karena permintaan dari pelanggannya yang kebanyakan adalah kurir ekspedisi, nasi uduk ini mengubah jam operasionalnya jadi pukul 03.00 WIB. Kemudian berubah lagi menjadi pukul 02.00 WIB. Sampai akhirnya pada tahun 2010, Nasi Uduk Pasar Thomas buka pukul 12 malam.

Nasi uduk ini dulunya juga tidak memiliki banyak lauk. Hanya nasi uduk asli Betawi yang gurih wangi dengan lauk sederhana. Ibu Ipat mengatakan kepada detikFood (23/2), kalau dulu hanya menyajikan lauk semur dan olahan telur saja.

"Awalnya cuma nasi uduk dengan semur tahu, semur jengkol, telur gitu doang," ungkap Ibu Ipat.

Namun karena permintaan dari pelanggannya yang bukan hanya orang Jakarta saja, akhirnya Nasi Uduk Pasar Thomas menyajikan banyak lauk. Apa saja lauknya?

Sajikan 30 Lauk Nikmat

nasi uduk pasar thomas yang terkenal lezat dengan 30 lauknasi uduk pasar thomas yang terkenal lezat dengan 30 lauk Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Lauk klasik khas nasi uduk Betawi tak ditinggalkan begitu saja, tetapi Ibu Ipat menambahkan sekitar 30 lauk lain untuk menjadi pelengkap nasi uduk. Ada beragam lauk yang pastinya bikin kamu bingung ketika memesan.

Untuk lauk nasi uduk yang klasik, ada semur tahu dan telur, bihun goreng, tempe orek, dan telur dadar. Tak ketinggalan semur jengkol yang jadi primadonanya.

Lauk lainnya yang tak kalah populer adalah daging balado yang nikmat dan sate kikil yang kenyal dan gurih. Masih banyak lagi lauk yang ditawarkan seperti sayur acar kuning, udang balado, jengkol balado, krecek, dan gorengan.

Seorang pelanggan setia bernama Melina juga mengaku sering makan di sini karena tertarik dengan lauknya yang beragam.

"Biasanya kan nasi uduk itu cuma ada dasar-dasarnya kayak gorengan, bihun, sama orek tempe. Nah, ini macem-macem itu yang bikin liatnya aja menarik. Hampir semua lauk saya suka di sini," ujar Melina kepada detikFood (23/2).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com