Mie Ayam Mang Oyo: Sensasi Makan Mie Ayam Kuah Rendang Rp 12 Ribu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 02 Des 2020 12:00 WIB
Mie Ayam Mang Oyo: Sensasi Makan Mie Ayam Kuah Rendang Rp 12 Ribu Foto: detikFood
Depok -

Mie Ayam Mang Oyo di Depok beda dari mie ayam gerobakan lain. Ia menawarkan paduan mie ayam dengan kuah rendang khas Aceh seharga Rp 12 ribu saja!

Mie ayam gerobakan mudah ditemui di mana saja, tak terkecuali di Depok. Biasanya dijual murah dengan porsi yang besar sehingga bikin banyak orang puas.

Kalau tertarik cicip mie ayam gerobakan yang agak beda, cobalah Mie Ayam Mang Oyo yang ada di Depok. Lokasinya di Jalan Wijayakusuma Raya, Depok I.

Mie Ayam Mang Oyo sejak 1983

Mie Ayam Mang Oyo: Sensasi Makan Mie Ayam Kuah Rendang Rp 12 RibuMie Ayam Mang Oyo: Sensasi Makan Mie Ayam Kuah Rendang Rp 12 Ribu Foto: detikFood

Mang Oyo sudah berjualan mie ayam kuah rendang sejak 1983. Dulunya ia berjualan keliling menggunakan gerobak, namun sejak tahun 2000 menetap di tempat sekarang.

Lokasi kedainya di Jalan Wijayakusuma Raya, dekat Situ Rawa Besar Lio, Pancoran Mas. Ia bekerja sama dengan pemilik warung yang menyediakan area makan sekaligus menjual minuman untuk pelanggan mie ayam.

Mie Ayam Mang Oyo mudah dikenali dengan gerobak biru di bagian depan. Ia meracik mie ayam sejak pukul 9 pagi. Tak jarang pukul 2 siang, dagangannya sudah ludes.

Di akhir pekan, Mang Oyo bahkan sudah bisa tutup pukul 12 siang karena ramainya pembeli. Lantas apa keistimewaan mie ayam racikan pria Sumedang ini?

Baca Juga: Dari China, Mie Ayam Gerobakan Jadi Santapan Rakyat

Mie ayam kuah rendang khas Aceh

Mie Ayam Mang Oyo: Sensasi Makan Mie Ayam Kuah Rendang Rp 12 RibuMie Ayam Mang Oyo: Sensasi Makan Mie Ayam Kuah Rendang Rp 12 Ribu Foto: detikFood

Mang Oyo memadukan mie ayam dengan kuah rendang. Kombinasi ini terbilang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

Kuah rendang yang dimaksud bukanlah seperti rendang di rumah makan Minang, melainkan lebih seperti gulai dengan warna merah gelap.

Mang Oyo menyebut kuah rendang ini khas Aceh. Ia selalu membeli bumbunya di penjual yang sama, sejak dulu sampai sekarang.

"Kepikiran sama teman aja (bikin mie ayam kuah rendang). Tadinya kan dagang soto tahun 1980-an, terus mang bilang, kita dagang mie ayam aja," beber Mang Oyo pada detikFood (28/11).

Ia melanjutkan, "Akhirnya ke tukang bumbu, bisa nggak bikin bumbu mie ayam (yang beda)? 'Yaudah cobain aja deh,' kata penjual. Dicoba alhamdulillah, bukan kata yang jual, kata yang beli enak."

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com